mengatasi your-connection-is-not-private

Mengatasi Your Connection is Not Private Pada Website

Written by RedCreatives on . Posted in Blog, Keamanan Website, News, Wordpress

Per tanggal 1 Oktober 2021,  saat membuka beberapa website (termasuk beberapa klien), tampak bermasalah dengan sertifikat SSL dimana ketika mereka mencoba akses website terdapat notif  “Your Connection is Not Private” dengan keterangan NET::ERR_CERT_DATE_INVALID pada tampilan browser.

mengatasi your-connection-is-not-private

Hal ini disebabkan sertifikat DST Root CA X3 pada Let’s Encrypt kadaluwarsa 30 September 2021.

Dikabarkan bahwa beberapa perangkat juga bermasalah termasuk ponsel Samsung Galaxy, iPhone, VDI zero dan thin client, dan bahkan firewall Sophos UTM.

Pada awalnya ketika ingin menggunakan SSL, harus berlangganan minimal 1 tahun, tetapi muncul sebuah produk pada tahun 2014, dimana anda bisa mendapatkan SSL secara gratis tanpa biaya sedikitpun, tanpa harus isi form dsb, itulah Let’s Encrypt.

 

DST ROOT CA X3 Kadaluarsa

Diketahui bahwa Let’s Encrypt pada awalnya menggunakan sertifikat “DST Root CA X3” untuk menerbitkan sertifikat Let’s Encrypt. Akan tetapi, mereka sekarang menggunakan “ISRG Root X1” dan “ISRG Root X2” sebagai Root CA dan “Let’s Encrypt R3” sebagai sertifikat perantara.

Perangkat yang lebih lama mungkin menggunakan Root CA yang lebih lama yang kedaluwarsa hari ini (30 September 2021).

Silakan lihat https://letsencrypt.org/docs/dst-root-ca-x3-expiration-september-2021/ untuk informasi lebih detail.

Sebelumnya mungkin tidak ada masalah, tetapi saat ini sudah terjadi, banyak dari pemilik website, pengguna laptop, handphone mulai kebingungan karena website mereka tidak bisa diakses dan menampilkan pesan error.

 

Cara Memperbaiki Your Connection is Not Private Akibat DST CA X3 Expired

Pada blog https://www.stephenwagner.com/ kami mendapatkan petunjuk untuk mengatasi masalah DST Root CA X3 ini.

Anda perlu menambahkan 2 CA Root baru ke komputer atau perangkat Anda, bersama dengan intermediate CA. Di bawah ini anda bisa download 2 CA Root tersebut.

Upgrade OS atau Sistem anda ke versi terbaru. Misalnya jika anda menggunakan Windows 7, upgrade ke Windows 7 SP1

  1. Download Root Certificate ISRG Root X1 https://letsencrypt.org/certs/isrgrootx1.der
  2. Double Click File isrgrootx1.der
  3. Pilih Local Machine dan Klik Next Next Next.
  4. Restart PC

Referensi: https://docs.microsoft.com/en-us/answers/questions/574761/getting-neterr-cert-date-invalid.html

Solusi lain yang bisa digunakan adalah mengganti sertifikat ssl pada domain Anda dengan versi berbayar seperti ssl dari comodo ssl certificate dengan masa aktif 1 tahun.


cara setting yoast terbaru 2021

Cara Setting Yoast Terbaru 2021

Written by RedCreatives on . Posted in Blog, SEO, Tips & Trik, Tutorial, Wordpress

cara setting yoast terbaru 2021

Cara setting Yoast Terbaru 2021 cukuplah mudah, tapi Anda harus sedikit bersabar dalam pengaturannya.

Yoast SEO sendiri merupakan salah satu plugin seo paling powerfull untuk website berbasis wordpress. Tujuannya, supaya website lebih mudah terindeks dan artikel yang dibuat muncul diharapkan muncul di mesin pencari dengan kata kunci yang dipasang.

Pada artikel Cara Setting Yoast Terbaru 2021, kami akan membahas bagaimana cara setting plugin tersebut secara lengkap dengan pengaturan fitur-fitur yang dapat meningkatkan rangking website.

 

Fitur Pada Yoast SEO Terbaru

 

1. Mengubah SEO title dan meta description pada setiap postingan;

2. Konfigurasi Meta Robot;

3. Verifikasi Google Webmaster Tools, Bing dan Yandex;

4. XML Sitemap;

5. Breadcrumbs;

6. Permalinks;

7. Meta Robot;

8. Google snippet;

9. Fitur analysis.

Cara Instal Plugin 

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin Yoast SEO.

Download Yoast SEO Terbaru di sini

Setelah plugin diaktifkan pada dashboard WordPress, Anda akan melihat menu di bagian kiri dengan nama SEO.

cara-setting-yoast-seo

Note:
Salah satu perbedaan utama versi gratis dan premium adalah versi berbayar dapat memunculkan thumbnail gambar postingan secara otomatis ketika Anda berbagi (share) postingan ke social media.

Cara Setting Yoast Terbaru 2021

Settingan awal bisa dibiarkan default atau anda bisa mengikuti panduan configuration wizard. Setelah itu sebaiknya Anda melakukan verifikasi webmaster tools

Integrasikan halaman sosial media Anda (jika memiliki page fb/twiiter. Pada bagian menu Social silakan klik tab Accounts, kemudian masukkan akun sosial media yang dimiliki pada kolom your social profiles berupa url dari profile masing-masing akun sosial media Anda

1. General Setting

Merupakan pengaturan umum untuk plugin Yoast. Ada tiga sub-setting dalam pengaturan ini yaitu Dashboard, Features dan Webmaster Tools. Berikut penjelasan tentang pengaturan di bagian General:

Dashboard – Bagian ini merupakan tempat informasi dasar plugin dan notifikasi jika ada yang salah dengan settingan kita. Disini juga muncul pemberitahuan jika ada saran-saran penting terkait SEO di situs kita.First-time SEO configuration: Fitur untuk membantu pengguna untuk menyetel settingan Yoast secara dasar dan otomatis.

Problems: Fitur yang akan memberikan notifikasi bahwa ada error serius dalam situs kamu.

Notifications: Fitur notifikasi yang memberitahu sesuatu hal dari Yoast kepada pengguna.


Features – Tab Features merupakan tempat dimana kamu bisa mengaktifkan atau menon-aktifkan fitur-fitur utama dari plugin ini.SEO analysis: Fitur untuk mengatur SEO on-page dengan analisa sesuai dengan konten/artikel yang akan ditulis.
Readability analysis: Fitur yang membantu untuk mengetahui keakuratan struktur dan gaya penulisan artikel.

Cornerstone content: Fitur untuk menandakan artikel pilar.

Text link counter: Membantu meningkatkan struktur internal situs.

XML sitemaps: Fitur sitemap untuk disubmit ke webmaster, seperti Google Search Console dan Bing Webmaster Tools.

Ryte integration: Fitur integrasi Yoast dan Ryte.

Admin bar menu: Fitur untuk mengaktifkan opsi Yoast tampil di menu dashboard WordPress.

Security – no advanced settings for authors: Pilihan memberikan akses pengaturan Yoast untuk author/penulis lain.

Webmaster Tools – Fitur ini merupakan tempat dimana kamu bisa memasukkan kode verifikasi kepemilikan website dari beberapa Webmaster search engine seperti Google, Bing, Yandex dan Baidu.

2. Search Appearance

Search Appearance merupakan salah satu settingan penting di Yoast SEO. Di menu ini kamu bisa mengatur segala hal yang berkaitan dengan SEO on-page kamu, terutama untuk konten, knowledge graph & schema, rich snippet dan RSS Feed situs kamu.

Berikut penjelasan dari fitur-fitur yang ada di settingan Search Appearance:

General – Di tab General ini kamu bisa mengatur separator atau pemisah untuk judul artikel kamu ketika ditampilkan di search engine – bagian <title>. Fitur ini digunakan untuk memisahkan antara judul artikel dengan nama situs pada kebiasaannya. Jika kamu mengubah pengaturan ini, maka separator di judul <title> situs akan berubah secara keseluruhan.

Content Types – Pengaturan ini memudahkan kamu untuk bisa mengatur tiga jenis konten yaitu Post dan Pages – Laman. Setting ini juga berlaku secara keseluruhan – bulk action . Disini kamu bisa mengatur apakah laman kamu ingin terindex di hasil pencarian mesin pencari atau tidak, memunculkan tanggal di hasil pencarian, mengaktifkan Yoast SEO Meta Box di laman individual, mengatur tampilan judul dan juga mengatur bagaimana deskripsi konten ditampilkan di search engine.

Media – Di bagian ini kamu bisa mengatur url dari media yang kamu upload ke konten kamu, seperti gambar dan video. Nah, fitur ini membantu kamu untuk me-redirect url dari gambar/video ke halaman yang dilampirkan atau attachment url.

Taxonomies – Pengaturan Taxonomies memudahkan kamu untuk mengatur halaman category, tags dan formats. Sama halnya seperti Content Types, disini kamu bisa mengatur bagaimana ketiga halaman itu ditampilkan di search engine. Untuk setting Yoast SEO terbaru sudah ada tambahan Category URLs yang mengatur apakah slug category ditampilkan atau tidak.

Archives – Sama seperti Taxonomies, pengaturan Archives membantu kamu untuk bisa mengatur bagaimana halaman Author, Date Archives dan Special Pages ditampilkan di halaman pencarian mesin pencari.

Breadcrumbs – Fitur breadcrumbs merupakan fitur unggulan dari Yoast SEO plugin. Fitur ini membantu untuk menampilkan urutan dan tingkat kedalaman direktori artikel kamu mulai dari homepage sampai dengan halaman artikel. Fitur ini merupakan bagian dari structured data markup yang membantu search engine untuk menampilkan letak artikel dalam sebuah blog. Breadcrumbs juga sering disebut sebagai secondary navigation yang membantu users untuk mapping direktori sebuah situs.

RSS – Di bagian ini kamu bisa mengatur semua hal yang berkaitan dengan RSS.

 

3. Search Console

Pengaturan Search Console adalah fitur yang bisa kamu gunakan untuk memonitor error dan warning dari situs kamu dengan bantuan Google Search Console. Fitur ini tentunya harus kamu hubungkan dengan akun Webmaster kamu yang telah terverifikasi dengan domain yang sedang kamu gunakan.

Fitur ini akan memudahkan kamu mengaudit dan memonitor halaman error dan warning di hasil pencarian dan hasil crawl Google. Tanpa harus masuk ke akun Webmaster, kamu sudah bisa mengetahui url halaman mana saja yang error dan perlu perbaikan.

 

3. Social

Untuk pengaturan Social, kamu bisa menambahkan informasi dari detail akun sosial media kamu atau akun official dari situs kamu.

Accounts – Isi seluruh detail dari url/link sosial media situs atau personal. Sosial media yang didukung adalah Facebook Page, Twitter, Pinterest, Youtube, Instagram, LinkedIn, MySpace dan Wikipedia.


Facebook – Dalam menu pengaturan ini, kamu bisa menambahkan detail dari pengaturan Open Graph Facebook yang berguna untuk mengatur bagaimana tampilan artikel ketika dibagikan ke Facebook.


Twitter – Sama halnya dengan pengaturan Facebook, di tab Twitter ini kamu bisa mengatur bagaimana tampilan artikel ketika dibagikan ke Twitter.


Pinterest – Berbeda dengan dua pengaturan sosial media diatas, tab ini berguna untuk memverifikasikan akun Pinterest kamu ketika dikaitkan dengan website.

4. Tools

Setting Tools memungkinkan webmaster untuk melakukan pengaturan teknikal website dengan mudah. Pengaturan yang bisa dilakukan dalam setting Yoast SEO ini adalah Import & Export, File Editor, Bulk Editor dan Text Link Counter. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Import and Export – Pengaturan Import & Export membantu untuk menduplikasi setting Yoast SEO yang ada dalam sebuah website dan diaplikasikan ke website yang lain tanpa harus melakukan pengaturan dari awal. Sangat membantu bagi mereka yang mempunyai website lebih dari satu.


File Editor – Dalam pengaturan File Editor, kamu bisa mengubah file robots.txt dan file .htaccess situs tanpa harus melalui FTP atau CPanel hosting.


Bulk Editor – Pengaturan Bulk Editor memudahkan kamu untuk melakukan pengubahan terhadap judul dan deskripsi suatu laman atau pos secara bersamaan tanpa harus mengedit satu per satu judul/deskripsi secara individual.


Text Link Counter – Text Link Counter sangat berguna untuk memperbaiki struktural website. Fitur ini bisa memberitahu bahwa satu laman atau pos sudah memiliki external/internal linking atau tidak.

Itulah cara setting Yoast Terbaru 2021 pada website WordPress, setelah Anda selesai melakukan pengaturan, selanjutnya adalah melakukan optimasi postingan / artikel dengan menggunakan plugin Yoast SEO. 

seo tools terbaik

SEO Tools Terbaik Untuk Website Berbasis WordPress

Written by RedCreatives on . Posted in Blog, Tutorial, Wordpress

seo tools terbaik

 

SEO Tools Terbaik – WordPress merupakan platform CMS (content management system) paling populer di dunia dan mudah untuk dikelola. Dukungan plugin terbaik dari para pengembang memudahkan kita dalam mengoptimisasi tampilan maupun dari segi SEO (Search Engine Optimization) nya.

Salah satu plugin terbaik untuk meningkatkan seo website kita adalah Yoast SEO.

Berbeda dengan seo tool lain yang harus diakses melalui website atau web app, Yoast SEO dapat dipasang di WordPress dan secara otomatis akan menganalisis apakah konten sudah menerapkan SEO dengan benar.

Yoast SEO memiliki beberapa fitur, seperti focus keyword, meta deskripsi, meta title, readability, slug, dan lainnya. Dengan fitur-fitur tersebut, Yoast SEO sangat tepat digunakan untuk memastikan konten sudah sesuai kaidah SEO secara real time.

Selain itu, Yoast SEO juga dapat membantu Anda dari sisi technical. Misalnya, dengan memberikan rekomendasi interlink untuk artikel tersebut, notifikasi error page, canonical link otomatis, dan How To schema agar konten lebih terstruktur.

Download Yoast SEO di sini

Algoritma Google 2021

Algoritma Google 2021

Written by RedCreatives on . Posted in Blog, SEO

Algoritma Google 2021

Algoritma Google 2021 merupakan update terbaru perihal prosedur yang digunakan mesin pencari tersebut dalam melakukan perhitungan, pemrosesan data dan penalaran pencarian secara otomatis.

Mengetahui dan memahami pola update terbaru mesin pencari tersebut tersebut sangat dibutuhkan oleh para pemilik website & blogger yang ingin konten mereka mudah diindex di Google.

Hampir 90 persen pengguna internet di dunia menggunakan Google Search Engine ketika mereka ingin mencari informasi tertentu. Hal tersebut membuktikan bahwa Google memiliki kredibilitas yang tinggi dari segi konten, sistem dan experience yang ditawarkan. Google memang dibuat untuk mencari data yang dapat diakses oleh publik dari penyedia web server.

Perubahan Algoritma Google 2021

Google page experience menjadi algoritma baru di tahun 2021 yang diumumkan oleh mesin raksasa pencari ini.

Agar siap untuk menghadapi tantangan baru dari mesin raksasa pencari populer ini. Anda perlu mengenal dan memahami apa itu algoritma page experience? Google page experience merupakan satu di antara pengukuran untuk mengetahui bagaimana pengalaman pengguna ketika berinteraksi dengan situs web.

Jika aspek-aspek page experience bisa dimaksimalkan, pengguna situs bisa berselancar dengan nyaman dari perangkat apapun yang dimilikinya.

Dilansir dari Google, page experience yang baik adalah yang mampu memudahkan pengguna untuk menemukan apa yang dicarinya atau menyelesaikan suatu tujuan. Sementara, page experience yang buruk adalah yang mempersulit mereka untuk menemukan suatu informasi di sebuah laman.

Faktor yang Memengaruhi Google Page Experience

Ada 5 faktor page experience yang harus menjadi perhatian Anda sebagai pemilik website, yaitu:

  1. Core web vitals, merupakan faktor baru yang terdiri dari tiga komponen:
    – Largest contentful paint (LCP) yang mengukur loading performance.
    – First input delay (FID) yang mengukur interaktivitas
    – Cumulative layout shift (CLP) yang mengukur stabilitas visual
  2. Mobile-friendly
  3. Safe browsing
  4. HTTPS
  5. Mobile popup algorithm/no intrusive interstitials

Anda harus bersiap menghadapi perubahan ini. Jika tidak, maka situs yang dimiliki akan sulit bisa tampil di hasil pencarian utama.

Namun, Google page experience bagi pengguna di laman yang mereka temukan lewat Google bukan satu-satunya menjadi penentu. Pasalnya, konten yang bagus juga akan masih menjadi suatu aspek penting dari sebuah situs yang disukai pengguna.

yoast seo

Cara Setting Yoast SEO Terbaru 2020

Written by RedCreatives on . Posted in Blog, SEO, Wordpress

Yoast SEO adalah plugin SEO dari WordPress yang fiturnya paling lengkap dan mudah untuk digunakan oleh para pemilik web. Kegunaan dari plugin ini sendiri adalah untuk memaksimalkan kinerja SEO WordPress dan agar website Anda lebih “ramah” dengan mesin pencari.

Dengan kata lain, Plugin ini membuat website lebih cepat teroptimisasi di mesin pencari. Cara setting Yoast SEO Terbaru 2020 ini sangat direkomendasikan untuk diketahui oleh pemilik website agar dapat meningkatkan rangking website secara bertahap.

Fitur YOAST SEO:

Fitur yang dimiliki oleh plugin Yoast SEO ini cukup lengkap untuk meningkatkan SEO sebuah website, berikut ini beberapa fitur menarik yang dimilikinya:

  1. Mengubah SEO title dan meta description pada setiap postingan
  2. Mengubah SEO title dan meta description di social media
  3. Konfigurasi Meta Robot
  4. Verifikasi Google Webmaster Tools, Bing dan Yandex
  5. XML Sitemap
  6. Breadcrumbs
  7. Permalinks
  8. Meta Robot
  9. Google snippet
  10. Fitur analysis

 

Video Panduan Setting Yoast 2020

STEP BY STEP

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menginstal plugin Yoast SEO di website Anda. Caranya adalah dengan memilih menu Plugins yang terdapat pada dashboard admin wordpress kemudian klik tombol Add New. Di kolom pencarian, tulis kata “Yoast SEO” lalu instal plugin tersebut.

  2. Settingan awal bisa dibiarkan default atau anda bisa mengikuti panduan configuration wizard. Setelah itu sebaiknya Anda melakukan verifikasi webmaster tools. Dapatkan kode verifikasinya dengan mengikuti panduan pada link di bawah kolom. Lihat artikel Cara Verifikasi Website di Google Webmaster Tools.

     

  3. Integrasikan halaman sosial media Anda. Pada bagian menu Social silakan klik tab Accounts, kemudian masukkan akun sosial media yang dimiliki pada kolom your social profiles berupa url dari profile masing-masing akun sosial media Anda

    Hal ini berguna untuk memberitahu search engine seperti Google mengenai akun media sosial untuk website Anda. Setelah selesai silakan klik tombol Save Changes.

 

Cara Setting Yoast SEO Pada Postingan 

Cara setting Yoast SEO pada postingan (halaman ataupun artikel) cukuplah mudah, setelah Anda selesai melakukan instalasi dan melakukan konfigurasi plugin Yoast SEO, selanjutnya adalah menerapkannya pada postingan. Hal ini dilakukan supaya setiap postingan Anda teroptimasi dengan baik.

Penggunaannya pun tinggal melihat Analysis dari Yoast SEO yang ada di bagian bawah editor postingan, seperti berikut :

  1. Masukan Keyword
    Silakan untuk memasukkan keyword pada kolom Focus keyword yang sebelumnya sudah Anda tentukan.

  2. Masukan Deskripsi Postingan
    Klik tombol Edit Snippet, kemudian masukkan deskripsi singkat dari artikel Anda yang mengandung keyword, pada contoh ini kami menggunakan keyword cara setting yoast seo. Pastikan juga pada slug mengandung keyword.

  3. Pada Icon Social, Anda bisa melakukan settingan serupa agar ketika konten/ artikel dishare, akan muncul image dan keterangan sesuai dengan settingan Anda.
 
 

Hal yang harus diperhatikan ketikan setting yoast di postingan!

  1. Ada keyword pada satu subjudul H2/H3 pada konten postingan.
  2. Paragraf pertama mengandung kata kunci (keyword)
  3. Perhatikan keyword density pada bagian Analysis.
    Anda akan melihat keyword density pada postingan, yaitu perbandingan jumlah keyword dengan jumlah kata pada postingan. Pastikan keyword density berwarna hijau. Selain keyword density, perhatikan juga bagian lain dan usahakan berwarna hijau.
  4. Tambahkan internal link, yaitu link ke salah satu postingan Anda yang ada di website. Seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini, sebuah internal link yang mengarah ke postingan verifikasi website ke Google Webmaster tools.
  5. Tambahkan keyword pada alt tag gambar
    Silahkan tambahkan keyword pada alt tag gambar, minimal pada salah satu gambar. Caranya cukup mudah, silakan klik pada gambar di postingan kemudian pilih logo pensil.

Setelah Anda menyelesaikan tutorial cara setting Yoast SEO diharapkan sudah dapat melakukan optimasi pada website yang Anda kelola. Jangan lupa untuk selalu rutin mengupdate konten agar website Anda bisa terus bersaing di search engine untuk memperoleh peringkat terbaik.