Cara Pasang Adsense di WordPress

Written by RedCreatives on . Posted in Blog, Tutorial, Wordpress

Setelah sebelumnya kami membahas “Cara Daftar Adsense Dengan Mudah”, kali ini kita akan memberikan panduan Cara Pasang Adsense di website berbasis WordPress. Silahkan disimak!

 

Cara Pasang Adsense di WordPress

Setelah akun Adsense  disetujui, selanjutnya Anda dapat mulai membuat unit iklan baru dengan cara:

  1. Pada bagian Ad Units silakan klik tombol New ad unit

    cara pasang adsense di wordpress

  2. Masukkan pengaturan yang diperlukan untuk iklan adsense Anda. Pengaturan tersebut cukup penting untuk Anda melakukan penyesuaian iklan dengan menyesuaikan tata letak dari website Anda, atau melalui slot yang tersedia pada theme options pada tema wordpress yang digunakan.

    cara-memasang-adsense
    Keterangan:
    – Name – Untuk nama dari unit iklan, silakan masukkan nama yang unik, sesuai dengan letak dan website Anda. Hal ini akan cukup membantu dalam melihat kinerja iklan ketika Anda memiliki banyak website.– Ad size – Ini adalah pengaturan yang cukup penting, sebab ukuran iklan memiliki pengaruh untuk dilihat oleh pengunjung Anda. Direkomendasikan memilih iklan Responsive jika jenis website Anda menggunakan template mobile friendly.

  3. Silakan klik tombol Save and get code. Halaman popup akan muncul dengan menampilkan code iklan, kurang lebih akan terlihat seperti code di bawah ini:
    <script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
    <script>
      (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({
        google_ad_client: "ca-pub-678303128708xxxx",
        enable_page_level_ads: true
      });
    </script>
  4. Silakan salin kode yang tampil pada akun adsense anda, yang nantinya perlu dipasang pada website Anda.

  5. Jika Anda memerlukan petunjuk lebih detail mengenai cara mengatur unit iklan, silakan kunjungi bantuan Adsense.
yoast seo

Cara Setting Yoast SEO Terbaru 2020

Written by RedCreatives on . Posted in Blog, SEO, Wordpress

Yoast SEO adalah plugin SEO dari WordPress yang fiturnya paling lengkap dan mudah untuk digunakan oleh para pemilik web. Kegunaan dari plugin ini sendiri adalah untuk memaksimalkan kinerja SEO WordPress dan agar website Anda lebih “ramah” dengan mesin pencari.

Dengan kata lain, Plugin ini membuat website lebih cepat teroptimisasi di mesin pencari. Cara setting Yoast SEO Terbaru 2020 ini sangat direkomendasikan untuk diketahui oleh pemilik website agar dapat meningkatkan rangking website secara bertahap.

Fitur YOAST SEO:

Fitur yang dimiliki oleh plugin Yoast SEO ini cukup lengkap untuk meningkatkan SEO sebuah website, berikut ini beberapa fitur menarik yang dimilikinya:

  1. Mengubah SEO title dan meta description pada setiap postingan
  2. Mengubah SEO title dan meta description di social media
  3. Konfigurasi Meta Robot
  4. Verifikasi Google Webmaster Tools, Bing dan Yandex
  5. XML Sitemap
  6. Breadcrumbs
  7. Permalinks
  8. Meta Robot
  9. Google snippet
  10. Fitur analysis


 

Video Panduan Setting Yoast 2020

STEP BY STEP

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menginstal plugin Yoast SEO di website Anda. Caranya adalah dengan memilih menu Plugins yang terdapat pada dashboard admin wordpress kemudian klik tombol Add New. Di kolom pencarian, tulis kata “Yoast SEO” lalu instal plugin tersebut.

  2. Settingan awal bisa dibiarkan default atau anda bisa mengikuti panduan configuration wizard. Setelah itu sebaiknya Anda melakukan verifikasi webmaster tools. Dapatkan kode verifikasinya dengan mengikuti panduan pada link di bawah kolom. Lihat artikel Cara Verifikasi Website di Google Webmaster Tools.

    pengaturan-webmaster-yoast-seo

  3. Integrasikan halaman sosial media Anda. Pada bagian menu Social silakan klik tab Accounts, kemudian masukkan akun sosial media yang dimiliki pada kolom your social profiles berupa url dari profile masing-masing akun sosial media Anda

    integrasi sosial media di yoast seo
    Hal ini berguna untuk memberitahu search engine seperti Google mengenai akun media sosial untuk website Anda. Setelah selesai silakan klik tombol Save Changes.
 

Cara Setting Yoast SEO Pada Postingan 

Cara setting Yoast SEO pada postingan (halaman ataupun artikel) cukuplah mudah, setelah Anda selesai melakukan instalasi dan melakukan konfigurasi plugin Yoast SEO, selanjutnya adalah menerapkannya pada postingan. Hal ini dilakukan supaya setiap postingan Anda teroptimasi dengan baik.

Penggunaannya pun tinggal melihat Analysis dari Yoast SEO yang ada di bagian bawah editor postingan, seperti berikut :

  1. Masukan Keyword
    Silakan untuk memasukkan keyword pada kolom Focus keyword yang sebelumnya sudah Anda tentukan.cara memasukan keyword di yoast seo
  2. Masukan Deskripsi Postingan
    Klik tombol Edit Snippet, kemudian masukkan deskripsi singkat dari artikel Anda yang mengandung keyword, pada contoh ini kami menggunakan keyword cara setting yoast seo. Pastikan juga pada slug mengandung keyword.cara-setting-snippet-di-yoast
  3. Pada Icon Social, Anda bisa melakukan settingan serupa agar ketika konten/ artikel dishare, akan muncul image dan keterangan sesuai dengan settingan Anda.
 
 

Hal yang harus diperhatikan ketikan setting yoast di postingan!

  1. Ada keyword pada satu subjudul H2/H3 pada konten postingan.

  2. Paragraf pertama mengandung kata kunci (keyword)

    setting-yoast-di-konten

  3. Perhatikan keyword density pada bagian Analysis.
    Anda akan melihat keyword density pada postingan, yaitu perbandingan jumlah keyword dengan jumlah kata pada postingan. Pastikan keyword density berwarna hijau. Selain keyword density, perhatikan juga bagian lain dan usahakan berwarna hijau.

  4. Tambahkan internal link, yaitu link ke salah satu postingan Anda yang ada di website. Seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini, sebuah internal link yang mengarah ke postingan verifikasi website ke Google Webmaster tools.

    cara verifikasi website, webmaster tools

  5. Tambahkan keyword pada alt tag gambar
    Silahkan tambahkan keyword pada alt tag gambar, minimal pada salah satu gambar. Caranya cukup mudah, silakan klik pada gambar di postingan kemudian pilih logo pensil.alt-tag-pada-gambar

Setelah Anda menyelesaikan tutorial cara setting Yoast SEO diharapkan sudah dapat melakukan optimasi pada website yang Anda kelola. Jangan lupa untuk selalu rutin mengupdate konten agar website Anda bisa terus bersaing di search engine untuk memperoleh peringkat terbaik.

Heartbeat Control Plugin

Cara Optimasi WordPress dengan Plugin Heartbeat Control

Written by RedCreatives on . Posted in Blog, Plugin Wordpress, Wordpress

Heartbeat Control Plugin

Apa itu HeartBeat WordPress?

HeartBeat merupakan suatu service API yang berfungsi untuk menyediakan informasi real time dan mensinkronkan data pada server dan dashboard.

API WordPress Heartbeat menggunakan /wp-admin/admin-ajak.php untuk menjalankan AJAX dari web browser. Tapi hal ini dapat mengirimkan request terlalu banyak ke admin-ajax.php yang dapat meningkatkan penggunaan CPU, sehingga dapat menyebabkan server overload.

Untuk mengatasi hal tersebut, kita bisa coba mengoptimasi API WordPress Hearbeat dengan menginstal plugin Hearbeat Control.

Setelah Anda menyelesaikan langkah optimasi WordPress dengan heartbeat control, penggunaan beban resource server Anda akan berkurang.

Email Error SMTP Disabled atau Sendmail Disabled

Penyebat Terjadinya Email Error SMTP Disabled atau Sendmail Disabled

Written by RedCreatives on . Posted in Blog, Email, Hosting, News

Email Error SMTP Disabled atau Sendmail Disabled

Penyebat Terjadinya Email Error SMTP Disabled

Apabila Anda mendapatkan pesan error SMTP Disabled atau sendmail disabled saat mengirimkan email baik melalui webmail, mail client (outlook dan lain-lain) dan script maka artinya layanan email Anda dinonaktifkan karena sistem hosting mendeteksi akun Anda melakukan mass email di sistem mereka.

Mass email sangat kami larang dan untuk SMTP, kami membatasi maksimal pengiriman email hingga 100 email per jam (total 2400 email selama 24 jam).

Untuk itu, jika Anda adalah sebuah perusahaan dan memiliki banyak akun email (50 email lebih) maka kami menyarankan agar Anda menggunakan layanan VPS atau Mail Business. Pada shared hosting, kami tidak dapat memberikan layanan email secara maksimal jika Anda memiliki akun lebih dari 50 email dan harus berada di VPS.

limite pengiriman email

Maksimal Penerima Email dan Ukuran (Size)

Written by RedCreatives on . Posted in Blog, Email, Hosting, News

limite pengiriman email

Maksimal penerima email dalam sekali kirim di RedCreatives adalah 15 penerima dalam satu kali pengiriman. Jika Anda ingin mengirimkan email ke 30 penerima, maka kirimkanlah dalam dua (2) tahap.

Untuk ukuran email, maksimal 20 Mb. Ukuran atau size email tersebut mencakup ukuran email sendiri dan lampirannya. Selain itu, limit total email yang dapat dikirimkan dalam 24 jam adalah 2400 email (limitasi 100 email / jam).

Pengiriman melebihi batasan yang ditetapkan dalam shared hosting yang digunakan oleh klien RedCreatives dapat menyebatkan terjadinya Limit Max Defers.

Jika hal itu terjadi, Solusinya adalah:

  • Anda harus menunggu hingga limit dilepas secara otomatis oleh sistem pihak hosting.
  • Limit akan dilepas setelah satu jam sejak akun Anda masuk ke dalam limit hosting
  • Silakan gunakan VPS untuk menggunakan server secara private.

Limit Max Defers

Email defers adalah email-email yang ditunda pengirimannya karena beberapa sebab. Umumnya karena email tujuan tidak valid. Hal ini membuat server email tak dapat menjangkau server email tujuan yang terblokir antispam/firewall.

Pihak hosting dimana website klien ditempatkan memberikan toleransi hingga 5 email dalam satu jam. Pastikan email yang Anda tuju valid dan memiliki reputasi baik untuk menghindari terjadinya hal ini.

Solusi: Perusahaan hosting menyarankan untuk menggunakan VPS untuk menghindari limit ini atau gunakan paket bisnis agar dapat mengirimkan dengan server cloud perusahaan hosting.

 

Hubungi Kami
Please read our Term of Services first to start a conversation.