Compress Gambar

Mengapa Perlu Compress Gambar untuk Website?

Written by RedCreatives on . Posted in Blog, Tips & Trik, Tutorial

Compress Gambar merupakan salah satu hal penting yang sering dilupakan oleh pemilik website ketika ingin menambahkan gambar pada halaman atau postingan yang mereka buat. Apa pengaruhnya jika kita asal mengunggah gambar tanpa melakukan optimisasi terlebih dahulu?

Sebagaimana yang kita ketahui, Gambar merupakan elemen penting dalam sebuah website. Bayangkan kalau website tanpa gambar, sudah pasti tampilannya tidak menarik dan kurang informatif. Karena itulah, sebagian besar pemilik website memasukkan gambar ke konten mereka. 

Sebagian besar pemilik website memasukkan gambar ke konten mereka agar konten yang mereka sajikan lebih menarik & informatif. Sayangnya, kebanyakan dari mereka mengupload dan menggunakan gambar yang tidak dioptimasi terlebih dahulu sehingga gambar yang mereka tampilkan malah memengaruhi kecepatan loading, tampilan dan peringkat website.

Kita harus memperhatikan ukuran gambar yang akan diunggah. Ukuran gambar yang diunggah harus kecil agar tidak memperlambat loading laman blog Anda.

Bagaimana Anda bisa mengunggah gambar berukuran kecil dengan kualitas tetap bagus? ada baiknya kita harus mengoptimasi gambar tersebut untuk mempertahankan kualitasnya dengan ukuran yang lebih kecil.

Akan tetapi kebanyakan tidak mengerti cara untuk memperkecil ukuran gambar dengan menggunakan software editor gambar seperti Photoshop atau Corel. Tapi hal ini tidak menjadi masalah karena sekarang banyak situs yang menyediakan fitur kompresi gambar secara online.

Lihat Artikel “Cara Mengecilkan Ukuran Gambar Tanpa Software”.

Compress Gambar

Berikut 3 alasan compress gambar menjadi penting:

 

1. Meningkatkan Kecepatan Loading Halaman Website
Kecepatan loading laman yang rendah akan mengakibatkan pengalaman buruk bagi pengunjung. Hal ini juga mengakibatkan bounce rate yang lebih tinggi dan pengunjung akan menghabiskan waktu lebih sedikit di blog Anda.

 

2. Hemat Space & Bandwith
Saat ini,  banyak layanan web hosting menyediakan kapasitas penyimapan yang besar. Namun, akan lebih baik jika blog atau website Anda menggunakan space lebih sedikit agar dapat memberikan performa lebih gesit.

 

3. Meningkatkan Ranking di Hasil Pencarian

Google dan mesin pencari lainnya ‘tidak menyukai’ website yang loadingnya lambat. Optimisasi gambar membuat performa situs akan naik. Begitu pula peringkat situs Anda.

Dengan gambar yang telah dioptimasi, Google akan mengindeks dan menaikkan peringkat pencarian terhadap gambar Anda dengan cepat, yang mana hal ini merupakan dampak positif untuk traffic.

Mengoptimalkan gambar tidaklah susah dan juga tidak membutuhkan waktu yang lama. Metode ini bisa Anda lakukan pada saat senggang atau saat Anda berkutat dengan konten atau postingan. Perlu Anda ingat, gagal mengatur ukuran gambar bisa membawa dampak negatif bagi peringkat dan performa situs Anda.

Cara Mengecilkan Ukuran Gambar Tanpa Software

Cara Mengecilkan Ukuran Gambar Tanpa Software

Written by RedCreatives on . Posted in Blog, Tips & Trik, Tutorial

Cara Mengecilkan Ukuran gambar merupakan tutorial yang banyak dicari pemilik website untuk keperluan optimisasi gambar pada website mereka. Sebagaimana yang kita ketahui, ukuran gambar menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kecepatan loading website. Optimisasi gambar yang tepat dapat mengurangi penggunaan kuota oleh pengunjung (membuat mereka lebih nyaman saat berselancar di website Anda) dan menghembat bandwith server yang digunakan.

Pada artikel ini, saya akan memberitahu Cara Mengecilkan Ukuran Gambar Tanpa Software. Ada beberapa website yang bisa Anda kunjungi untuk memperkecil ukuran gambar yang akan diposting pada website Anda.

 

1. TINYPNG.COM

TinyPNG menggunakan teknik kompresi lossy yang cerdas untuk memperkecil ukuran gambar dari file WEBP, JPEG, dan PNG Anda. Dengan secara selektif mengurangi jumlah warna dalam gambar, lebih sedikit byte yang diperlukan untuk menyimpan data. Efeknya hampir tidak terlihat tetapi membuat perbedaan ukuran file yang sangat besar!

Cara Mengecilkan Ukuran Gambar Tanpa Software

Website: hhttps://tinypng.com/

Cara Pengunaan:

Klik pada area “Drop your .png or .jpg file here” untuk memilih file gambar Anda.

Proses kompresi akan berjalan secara otomatis dan Anda bisa mengunduh hasilnya dengan klik tombol download.

Anda juga dapat mengkompres lebih dari satu gambar dengan satu klik dengan tool ini.

 


2. ILOVIMG.COM

iLoveIMG adalah solusi sederhana Anda untuk mengedit gambar secara online. Akses semua alat yang Anda butuhkan untuk menyempurnakan gambar Anda dengan mudah, langsung dari web, dengan keamanan 100%.

Situs ini menyediakan fitur yang cukup lengkap. Anda bisa melakukan konversi gambar, mengubah ukuran, cropping, convert file png atau lainnya ke jpg, editor foto, dsb.

cara-mengecilkan-ukuran-gambar

Cara Penggunaan:

Langkah pertama adalah memilih file yang ingin dikecilkan. Anda dapat melakukannya dengan klik tombol Select Images. Perlu diingat bahwa Anda dapat mengkompres sejumlah file bersamaan dengan iLoveIMG.

Setelah itu, tinggal klik Compress Images. File gambar Anda akan langsung diunduh ke komputer atau smartphone setelah prosesnya selesai.

Website: https://www.iloveimg.com

 

Semoga Tutorial Cara Mengecilkan Ukuran gambar yang kami sajikan bisa bermanfaat!

cara mendapatkan uang dari internet dengan mudah

Cara Mendapatkan Uang Dari Internet

Written by RedCreatives on . Posted in Blog, Tips & Trik

Cara mendapatkan uang dari internet sebenarnya tidak terlalu sulit. Banyak orang yang telah menghasilkan ratusan juta rupiah dari aktivitas online mereka. Anda juga dapat meraih kesuksesan yang sama dengan mereka. Asal, Anda mengetahui cara yang tepat.

Pada artikel ini, kami akan membagikan berbagai cara menghasilkan uang dari internet yang bisa Anda coba. Mari kita simak.

1. Bergabung dengan Afiliasi

Secara sederhana, afiliasi adalah kerja sama promosi dan penjualan produk. Anda akan mendapatkan  imbalan berupa komisi untuk tiap produk yang terjual. Prinsip dasarnya, revenue sharing alias berbagi pendapatan. 

Bisa dikatakan afiliasi adalah cara menghasilkan uang dari internet tanpa modal. Sebab, hampir semua program afiliasi memungkinkan Anda bergabung secara gratis

Untuk mendapatkan uang dari afiliasi, Anda perlu mendaftar sebuah program afiliasi terlebih dahulu. Di luar negeri, program yang populer adalah Amazon Affiliates. Di Indonesia, Anda bisa bergabung dengan Program Afiliasi Indonesia tanpa biaya pendaftaran.

Setelah mendaftar, Anda akan mendapatkan banner referral atau kode kupon. Anda bisa membagikannya ke orang lain. Bisa ke pengunjung website atau follower Anda di media sosial. 

Pada saat seseorang menggunakan link Anda dan melakukan pembelian produk, Anda akan mendapatkan komisi.

Secara umum, afiliasi bisa menunjukkan hasil dalam waktu relatif cepat. Bahkan, di Program Afiliasi Indonesia, Anda bisa melakukan pencarian dana (payout) dengan minimal 2 penjualan yang aktif saja!

Jadi, memilih program afiliasi yang tepat itu penting. Dan program afiliasi yang baik memiliki ciri sebagai berikut: 

  • Komisi menguntungkan.
  • Pembayaran tepat waktu.
  • Registrasi mudah dilakukan.

 

2. Membuat Blog

Blogging bukan lagi sekedar hobi. Kegiatan ini bisa menjadi cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula tanpa modal.

Berita bagusnya, siapapun bisa membuat dan menulis blog. Pun, tidak ada aturan pakem topik apa  yang harus ditulis. Anda bebas ingin menulis topik apapun. 

Contoh sukses dari blogging adalah Randa Derkson. Ibu dari 2 anak ini adalah pemilik blog food and travel, The Bewitchin Kitchen. Dalam salah satu postingan, Randa menyebutkan bahwa penghasilannya dari ngeblog bisa mencapai Rp65 juta/bulan. Wow! 

Untuk mendapatkan uang dari blogging, tentu Anda harus membuat blog sebagai langkah awal. Ingat, selalu buatlah blog dengan berlangganan hosting. Sebab, memanfaatkan blog gratis memiliki beberapa kelemahan untuk mendapatkan uang dari internet. 

Pertama, hampir semua platform blog gratis melarang Anda memasang iklan. Kedua, platform blog bisa saja menghapus blog Anda jika dianggap melanggar. Artinya, Anda tidak memiliki kendali penuh atas blog tersebut. 

Nah, jika blog pribadi Anda sudah online, lanjutkanlah pada tahapan pembuatan konten yang menarik. Semakin bermanfaat konten tersebut, semakin besar kemungkinan pengunjung yang bisa didapatkan. 

Agar lebih cepat mendapatkan banyak pengunjung, Anda bisa belajar cara meningkatkan trafik dengan tepat.

Jika kondisi tersebut sudah dicapai, Anda bisa mulai upaya mendapatkan penghasilan online. Dari mana saja?

  • Iklan. Anda bisa bergabung dengan Google Adsense. Saat pengunjung mengklik iklan yang dipasang di blog, Anda akan mendapatkan penghasilan tambahan.
  • Sponsored Posts. Anda bisa bekerja sama dengan pihak lain untuk mengulas suatu produk di blog Anda.
  • Afiliasi. Cukup tempatkan banner afiliasi di blog Anda. Lalu, dapatkan komisi setiap kali pengunjung mengklik link tersebut.

 

3. Menjadi Admin 

Bagi pengguna media sosial yang tidak punya kemampuan mencari peluang sendiri seperti di atas, masih ada cara mendapat uang dari internet lainnya, yaitu menjadi admin.

Admin sosial media sekarang ini bahkan sudah menjadi pilihan karier tersendiri, dan ini didukung dengan banyaknya perusahaan yang mulai membuka lowongan pekerjaan seperti ini. Selain cara konvensional yaitu jual beli, media sosial nyatanya masih menyediakan banyak lahan yang bisa dieksploitasi untuk meraup uang.

Cara di atas merupakan bagian dari memaksimalkan jejaring sosial yang pemakaiannya semakin meningkat tiap tahun. Seharusnya, jangan cuma konsumtif saat memakai media sosial, tapi jadilah pengguna yang produktif.

 

4. Menjadi Dropshipper

Kenyataanya, dropship memang salah satu cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal. Secara singkat, prinsip kerja dropshiper seperti reseller, Anda berjualan produk pihak lain.

Bedanya, reseller harus menyimpan barang sebelum dijual kembali, dropship tidak. Sebab, semua pengiriman barang dilakukan supplier.

Meskipun margin keuntungannya tidak sebesar berjualan produk sendiri, hasilnya cukup menjanjikan. Salah satu contohnya adalah Marc Chapon yang bisa mendapatkan penghasilan tambahan lebih US$ 150 ribu dalam waktu hanya tiga bulan.

Di Indonesia, dengan banyaknya marketplace membuat dropship berkembang dan bisa mendatangkan penghasilan hingga jutaan rupiah.

Untuk menjajal bisnis dropship, ada beberapa langkah yang dilakukan:

  1. Menentukan produk yang akan dijual (elektronik, kosmetik, dll).
  2. Mencari supplier dengan reputasi baik.
  3. Menentukan sarana berjualan (marketplace, website pribadi, media sosial).
  4. Membangun brand Anda sendiri dan mempromosikannya.

Jika langkah tersebut sudah dilakukan, Anda siap berjualan secara dropship.

 

 

5. Berjualan Stok Foto dan Video Footage

Cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal lainnya adalah berjualan stok foto dan video footage. Apalagi kalau Anda memang hobi menangkap dan merekam momen.

Ada banyak situs yang memungkinkan Anda mengunggah stok foto dan video footage, biasanya situs ini memiliki komunitas user yang besar. Jadi, ketika ada orang yang ingin menggunakan foto Anda, ia harus membayar dulu untuk mendapatkan lisensinya.

Dua website foto yang paling sering dikunjungi adalah:

Sedangkan untuk video, empat website ini bisa dicoba:

Sebelum mengunggah koleksi Anda ke website di atas, luangkan waktu untuk browsing atau mencari tahu style foto atau video seperti apa yang paling banyak digunakan.

Tentukan niche atau tema yang ingin Anda rangkum melalui foto dan video, lalu upload sesering mungkin. Semakin banyak portofolio yang dibuat, semakin besar pula kesempatan Anda untuk sukses.

Selain sebagai tempat untuk menghasilkan uang, situs-situs yang telah disebutkan di atas juga bisa menjadi wadah bagi orang-orang yang mengagumi karya Anda.

 

6. Menjadi Youtuber

Kalau Google mencakup semua jenis pencarian mulai dari teks hingga video, YouTube memfokuskan medianya untuk menampilkan berbagai video hiburan atau informatif.

Lalu, bagaimana cara menghasilkan uang dari Internet melalui YouTube? Ada dua cara, yaitu menggunakan sistem iklan yang disediakan dan mengarahkan subscriber untuk mengunjungi website atau media sosial Anda.

Apabila merasa nyaman di depan kamera dan ingin membuat video, bangun channel YouTube Anda sendiri. Tentukan tema channel Anda. Pada umumnya, ada dua tipe channel yang akan sukses menarik perhatian:

  • Video hiburan. Misalnya, web series, komedi, prank, ulasan, video ‘walkthrough’ untuk game, dan masih banyak lagi.
  • Video edukasi. Konten ini layaknya artikel ‘how-to’ yang divisualisasikan. Bila Anda memiliki kemampuan (skill) yang mumpuni atau ingin berbagai informasi apa saja, tipe video ini bisa jadi pilihan yang tepat.

Jika sudah tahu tema seperti apa yang hendak ditampilkan di channel YouTube, langkah selanjutnya adalah membuat nama yang unik. Nama ini nantinya digunakan sebagai nama channel Anda.

 

Beberapa tips agar sukses jadi YouTuber:

  1. Rekam dengan kamera berkualitas tinggi.
  2. Coba beberapa gaya, format, dan teknik penyuntingan video sampai menemukan yang pas.
  3. Optimasikan judul, deskripsi, dan gambar video untuk mendapatkan lebih banyak klik.
  4. Atur jadwal publikasi video agar subscriber tahu kapan saja mereka bisa menonton video di channel Anda.

 

Setelah membaca dari awal hingga akhir mengenai cara mendapatkan uang dari internet dengan mudah, mana yang kira-kira Anda pilih sesuai kemampuan dan minat?

Apa pun pilihan Anda, persiapkanlah dengan matang sebelum berkecimpung pada sebuah bisnis.

membuat website dengan mudah

Tips Oke Mengelola Website Portal Berita

Written by RedCreatives on . Posted in Blog, Tips & Trik

Tips Oke Mengelola Website Portal Berita

Seiiring pergeseran minat pembaca berita ke media digital membuat kebutuhan media online sebagai sarana informasi sangat dibutuhkan.

Hal ini merupakan salah satu alasan banyak media online bermunculan karena ada potensi usaha yang dapat menghasilkan keuntungan dengan keberadaan website tersebut.

Beberapa contoh potensi keuntungan yang bisa didapatkan media online adalah dari segi penjualan slot iklan banner, penawaran kerjasama pemberitaan yang sifatnya branding personal maupun perusahaan, atau melalui pemasangan script ads (iklan) dari google adsense / mgid.

Jika Anda sudah memiliki sebuah web portal berita, mari kita simak beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengelola-nya agar website media online Anda tetap maksimal.

 

1. Melakukan backup database secara berkala

Ketika website-mu mengalami down-time untuk sementara waktu demi pembaruan fitur, itu tidak masalah. Namun, yang menjadi masalah adalah data yang ternyata hilang setelah website kembali aktif. Selain itu adanya potensi serangan siber yang bisa terjadi kapan saja (walaupun kita sudah melakukan proteksi semaksimal mungkin) serta kemungkinan human error saat secara tidak sengaja ketika sedang mengutak-atik pengaturan website, atau kecerobohan ketika hendak membersihkan data tertentu.

Alasan inilah yang membuatmu perlu melakukan backup data secara berkala, agar ketika data pada website hilang ketika mengalami down-time, kamu bisa memulihkannya seperti sediakala.

Backup data akan memastikan hal-hal penting di web kamu tetap aman.

Jika Anda merupakan klien RedCreatives, jangan khawatir karena kita memasang fitur backup data otomatis dan terjadwal yang bisa diset sesuai keinginan kita.

jasa pembuatan website portal berita murah

 

2. Update Versi CMS & Plugin

Pada dashboard admin area, umumnya kita melihat notifikasi pembaruan baik untuk versi CMS maupun plugin yang digunakan di website.

Alasan kenapa wordpress harus selalu update yang pertama adalah faktor keamanan inilah yang bisa dibilang paling penting sebagai alasan mengapa Anda harus menjaga website poral berita berbasis WordPress Anda up to date.

Selain alasan keamanan, pertimbangan peningkatan performa, menghilangkan bug’s dan kompabilitas juga menjadi pertimbangan.

Namun di beberapa kasus, update dapat membuat plugin WordPress tidak bekerja jika mereka tidak mengikuti praktik terbaik dan standar melakukan kode. Inilah sebabnya mengapa sangat penting bagi Anda untuk selalu melakukan backup WordPress sebelum update.

 

 3. Perhatikan Standarisasi Ukuran dan Resolusi Gambar

Beberapa dari banyak klien RedCreatives sempat mengeluh website mereka menjadi berat seiring waktu. Setelah kami melakukan pengecekan, ternyata masalah utamanya adalah ukuran gambar yang diupload untuk konten berita cukup besar size-nya, ada 1 gambar yang ukurannya mencapai 9.7mb dengan resolusi lebih dari 2000 pixel.

Tentu saja hal itu akan membuat proses loading website menjadi lebih berat. Sehingga akan sangat mengganggu kenyamanan pengunjung.

Rekomendasi resolusi gambar yang dijadikan thumbnail artikel berita berukuran standard 900×600 dengan size maksimal kurang dari 100kb/gambar.

Apabila pemilik media online menerapkan standard ukuran gambar saat mereka mengupload berita, website akan lebih cepat saat dibuka karena RedCreatives sendiri memberikan fitur optimisasi gambar dengan menggunakan wp smush.

Selain memperhatikan soal resolusi dan ukuran gambar untuk thumbnail berita, Anda juga harus memperhatikan ukuran yang tepat saat ingin memasang banner iklan.

Selalu konsultasikan soal resolusi dan ukuran banner iklan dengan vendor yang membuat website portal berita.

 

4. Kurangi Penggunaan Plugin yang Tidak Perlu

Plugin merupakan salah satu tools bagi pengguna website WordPress agar bisa mendapat fitur yang lebih kompleks.

Dengan menginstall plugin wordpress di website, kamu bisa meningkatkan kemampuan website kamu agar bisa memberikan fitur yang kamu inginkan. Tanpa perlu bersusah-payah mengotak-atik kode di dalamnya.

Selain dengan menambah fitur tertentu, plugin juga bisa digunakan untuk meningkatkan performa website. Contohnya seperti mengkompress gambar, mencegah spam, mempercepat loading, dan masih banyak lagi. Untuk itu, plugin sebenarnya berfungsi untuk memudahkan kamu dalam mengelola website.

Ada banyak sekali faktor yang menyebabkan website menjadi semakin lambat. Nah, salah satunya adalah karena kita menginstall plugin yang salah atau yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan. Akhirnya tampilan website semakin berat dan susah untuk diakses.

Pastikan plugin yg dipasang merupakan plugin yang sesuai dengan fungsi dan manfaat website Anda.

 

cara setting yoast terbaru 2021

Cara Setting Yoast Terbaru 2021

Written by RedCreatives on . Posted in Blog, SEO, Tips & Trik, Tutorial, Wordpress

cara setting yoast terbaru 2021

Cara setting Yoast Terbaru 2021 cukuplah mudah, tapi Anda harus sedikit bersabar dalam pengaturannya.

Yoast SEO sendiri merupakan salah satu plugin seo paling powerfull untuk website berbasis wordpress. Tujuannya, supaya website lebih mudah terindeks dan artikel yang dibuat muncul diharapkan muncul di mesin pencari dengan kata kunci yang dipasang.

Pada artikel Cara Setting Yoast Terbaru 2021, kami akan membahas bagaimana cara setting plugin tersebut secara lengkap dengan pengaturan fitur-fitur yang dapat meningkatkan rangking website.

 

Fitur Pada Yoast SEO Terbaru

 

1. Mengubah SEO title dan meta description pada setiap postingan;

2. Konfigurasi Meta Robot;

3. Verifikasi Google Webmaster Tools, Bing dan Yandex;

4. XML Sitemap;

5. Breadcrumbs;

6. Permalinks;

7. Meta Robot;

8. Google snippet;

9. Fitur analysis.

Cara Instal Plugin 

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin Yoast SEO.

Download Yoast SEO Terbaru di sini

Setelah plugin diaktifkan pada dashboard WordPress, Anda akan melihat menu di bagian kiri dengan nama SEO.

cara-setting-yoast-seo

Note:
Salah satu perbedaan utama versi gratis dan premium adalah versi berbayar dapat memunculkan thumbnail gambar postingan secara otomatis ketika Anda berbagi (share) postingan ke social media.

Cara Setting Yoast Terbaru 2021

Settingan awal bisa dibiarkan default atau anda bisa mengikuti panduan configuration wizard. Setelah itu sebaiknya Anda melakukan verifikasi webmaster tools

Integrasikan halaman sosial media Anda (jika memiliki page fb/twiiter. Pada bagian menu Social silakan klik tab Accounts, kemudian masukkan akun sosial media yang dimiliki pada kolom your social profiles berupa url dari profile masing-masing akun sosial media Anda

1. General Setting

Merupakan pengaturan umum untuk plugin Yoast. Ada tiga sub-setting dalam pengaturan ini yaitu Dashboard, Features dan Webmaster Tools. Berikut penjelasan tentang pengaturan di bagian General:

Dashboard – Bagian ini merupakan tempat informasi dasar plugin dan notifikasi jika ada yang salah dengan settingan kita. Disini juga muncul pemberitahuan jika ada saran-saran penting terkait SEO di situs kita.First-time SEO configuration: Fitur untuk membantu pengguna untuk menyetel settingan Yoast secara dasar dan otomatis.

Problems: Fitur yang akan memberikan notifikasi bahwa ada error serius dalam situs kamu.

Notifications: Fitur notifikasi yang memberitahu sesuatu hal dari Yoast kepada pengguna.


Features – Tab Features merupakan tempat dimana kamu bisa mengaktifkan atau menon-aktifkan fitur-fitur utama dari plugin ini.SEO analysis: Fitur untuk mengatur SEO on-page dengan analisa sesuai dengan konten/artikel yang akan ditulis.
Readability analysis: Fitur yang membantu untuk mengetahui keakuratan struktur dan gaya penulisan artikel.

Cornerstone content: Fitur untuk menandakan artikel pilar.

Text link counter: Membantu meningkatkan struktur internal situs.

XML sitemaps: Fitur sitemap untuk disubmit ke webmaster, seperti Google Search Console dan Bing Webmaster Tools.

Ryte integration: Fitur integrasi Yoast dan Ryte.

Admin bar menu: Fitur untuk mengaktifkan opsi Yoast tampil di menu dashboard WordPress.

Security – no advanced settings for authors: Pilihan memberikan akses pengaturan Yoast untuk author/penulis lain.

Webmaster Tools – Fitur ini merupakan tempat dimana kamu bisa memasukkan kode verifikasi kepemilikan website dari beberapa Webmaster search engine seperti Google, Bing, Yandex dan Baidu.

2. Search Appearance

Search Appearance merupakan salah satu settingan penting di Yoast SEO. Di menu ini kamu bisa mengatur segala hal yang berkaitan dengan SEO on-page kamu, terutama untuk konten, knowledge graph & schema, rich snippet dan RSS Feed situs kamu.

Berikut penjelasan dari fitur-fitur yang ada di settingan Search Appearance:

General – Di tab General ini kamu bisa mengatur separator atau pemisah untuk judul artikel kamu ketika ditampilkan di search engine – bagian <title>. Fitur ini digunakan untuk memisahkan antara judul artikel dengan nama situs pada kebiasaannya. Jika kamu mengubah pengaturan ini, maka separator di judul <title> situs akan berubah secara keseluruhan.

Content Types – Pengaturan ini memudahkan kamu untuk bisa mengatur tiga jenis konten yaitu Post dan Pages – Laman. Setting ini juga berlaku secara keseluruhan – bulk action . Disini kamu bisa mengatur apakah laman kamu ingin terindex di hasil pencarian mesin pencari atau tidak, memunculkan tanggal di hasil pencarian, mengaktifkan Yoast SEO Meta Box di laman individual, mengatur tampilan judul dan juga mengatur bagaimana deskripsi konten ditampilkan di search engine.

Media – Di bagian ini kamu bisa mengatur url dari media yang kamu upload ke konten kamu, seperti gambar dan video. Nah, fitur ini membantu kamu untuk me-redirect url dari gambar/video ke halaman yang dilampirkan atau attachment url.

Taxonomies – Pengaturan Taxonomies memudahkan kamu untuk mengatur halaman category, tags dan formats. Sama halnya seperti Content Types, disini kamu bisa mengatur bagaimana ketiga halaman itu ditampilkan di search engine. Untuk setting Yoast SEO terbaru sudah ada tambahan Category URLs yang mengatur apakah slug category ditampilkan atau tidak.

Archives – Sama seperti Taxonomies, pengaturan Archives membantu kamu untuk bisa mengatur bagaimana halaman Author, Date Archives dan Special Pages ditampilkan di halaman pencarian mesin pencari.

Breadcrumbs – Fitur breadcrumbs merupakan fitur unggulan dari Yoast SEO plugin. Fitur ini membantu untuk menampilkan urutan dan tingkat kedalaman direktori artikel kamu mulai dari homepage sampai dengan halaman artikel. Fitur ini merupakan bagian dari structured data markup yang membantu search engine untuk menampilkan letak artikel dalam sebuah blog. Breadcrumbs juga sering disebut sebagai secondary navigation yang membantu users untuk mapping direktori sebuah situs.

RSS – Di bagian ini kamu bisa mengatur semua hal yang berkaitan dengan RSS.

 

3. Search Console

Pengaturan Search Console adalah fitur yang bisa kamu gunakan untuk memonitor error dan warning dari situs kamu dengan bantuan Google Search Console. Fitur ini tentunya harus kamu hubungkan dengan akun Webmaster kamu yang telah terverifikasi dengan domain yang sedang kamu gunakan.

Fitur ini akan memudahkan kamu mengaudit dan memonitor halaman error dan warning di hasil pencarian dan hasil crawl Google. Tanpa harus masuk ke akun Webmaster, kamu sudah bisa mengetahui url halaman mana saja yang error dan perlu perbaikan.

 

3. Social

Untuk pengaturan Social, kamu bisa menambahkan informasi dari detail akun sosial media kamu atau akun official dari situs kamu.

Accounts – Isi seluruh detail dari url/link sosial media situs atau personal. Sosial media yang didukung adalah Facebook Page, Twitter, Pinterest, Youtube, Instagram, LinkedIn, MySpace dan Wikipedia.


Facebook – Dalam menu pengaturan ini, kamu bisa menambahkan detail dari pengaturan Open Graph Facebook yang berguna untuk mengatur bagaimana tampilan artikel ketika dibagikan ke Facebook.


Twitter – Sama halnya dengan pengaturan Facebook, di tab Twitter ini kamu bisa mengatur bagaimana tampilan artikel ketika dibagikan ke Twitter.


Pinterest – Berbeda dengan dua pengaturan sosial media diatas, tab ini berguna untuk memverifikasikan akun Pinterest kamu ketika dikaitkan dengan website.

4. Tools

Setting Tools memungkinkan webmaster untuk melakukan pengaturan teknikal website dengan mudah. Pengaturan yang bisa dilakukan dalam setting Yoast SEO ini adalah Import & Export, File Editor, Bulk Editor dan Text Link Counter. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Import and Export – Pengaturan Import & Export membantu untuk menduplikasi setting Yoast SEO yang ada dalam sebuah website dan diaplikasikan ke website yang lain tanpa harus melakukan pengaturan dari awal. Sangat membantu bagi mereka yang mempunyai website lebih dari satu.


File Editor – Dalam pengaturan File Editor, kamu bisa mengubah file robots.txt dan file .htaccess situs tanpa harus melalui FTP atau CPanel hosting.


Bulk Editor – Pengaturan Bulk Editor memudahkan kamu untuk melakukan pengubahan terhadap judul dan deskripsi suatu laman atau pos secara bersamaan tanpa harus mengedit satu per satu judul/deskripsi secara individual.


Text Link Counter – Text Link Counter sangat berguna untuk memperbaiki struktural website. Fitur ini bisa memberitahu bahwa satu laman atau pos sudah memiliki external/internal linking atau tidak.

Itulah cara setting Yoast Terbaru 2021 pada website WordPress, setelah Anda selesai melakukan pengaturan, selanjutnya adalah melakukan optimasi postingan / artikel dengan menggunakan plugin Yoast SEO.