popup-authentication-required

Cara Menghilangkan Pop Up Authentication Required di WordPress

Written by RedCreatives on . Posted in Blog, Keamanan Website, Plugin Wordpress, Tips & Trik, Wordpress

Cara Menghilangkan Pop Up Authentication Required di WordPress – Bagi pemilik website berbasis wordpress self hosted (hosting berbayar) yang pernah mendapati muncul menu pop up  yang memerintahkan memasukan user dan pass di browser saat akan melakukan login mungkin agak sedikit bingung dan bertanya-tanya.

popup-authentication-required

 

Kenapa tiba-tiba muncul pop up saat mau akses halaman admin? apa jangan-jangan website saya kena hack?

Sebenarnya pop up Authentication Required tersebut adalah salah satu fitur brute force protection/Attack protection untuk melindungi website anda.

Akan tetapi bagi sebagian orang mungkin pop up tersebut agak mengganggu, dan ingin menghilangkan pop up tersebut.

Cara Menghilangkan Pop Up Authentication Required di WordPress

Cara pertama adalah dengan mengubah url login default wordpress dengan menginstal plugin Change WP-Admin Login

yang kedua dengan menambahkan fungsi pada file .htaccess

<filesmatch “wp-login.php”>
Satisfy Any
</filesmatch>

Caranya:

  1. Login ke CPANEL, masukan Username dan Pass.
  2. Buka File Manager > Public_html > cari file .htaccess kemudian klik kanan > Edit > Edit.
  3. Copy Script/Kode diatas lalu paste pada baris paling bawah, dan Simpan.

Itulah cara yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan menu pop-up username dan password yang muncul saat akan melakukan login ke akun website berbasis wordpress.

apa itu backlink

Apa itu Backlink?

Written by RedCreatives on . Posted in Blog, SEO, Tips & Trik, Wordpress

Apa itu Backlink?

Backlink adalah tautan yang menghubungkan satu halaman web dengan halaman web lainnya. Singkatnya, backlink adalah cara untuk menghubungkan konten antara satu situs web dengan situs web lainnya. Backlink juga dikenal sebagai inbound link atau incoming link. Backlink sangat penting untuk SEO karena membantu mesin pencari mengetahui tentang kredibilitas dan otoritas halaman web.

Backlink dapat dibuat dengan beberapa cara, salah satunya adalah dengan menempatkan tautan di halaman web Anda ke halaman web lain. Ada beberapa jenis backlink yang bisa Anda gunakan, antara lain:

1. Natural 

Natural backlink adalah tautan yang muncul secara alami tanpa sengaja. Ini biasanya terjadi ketika konten Anda menarik perhatian orang dan mereka memutuskan untuk menghubungkan konten Anda ke halaman mereka. Natural backlink sangat dihargai oleh mesin pencari karena menunjukkan bahwa konten Anda berkualitas dan layak dibagikan.

2. Manual 

Manual backlink adalah tautan yang dibuat dengan sengaja. Ini bisa dilakukan dengan menghubungi pemilik situs web lain dan meminta mereka untuk menautkan konten Anda. Teknik ini biasanya digunakan dalam kampanye pemasaran digital atau strategi SEO.

3. Self-created 

Self-created backlink adalah tautan yang dibuat oleh pemilik situs web sendiri. Ini bisa terjadi ketika Anda menempatkan tautan ke halaman Anda di forum atau direktori. Self-created backlink kurang dihargai oleh mesin pencari karena biasanya digunakan untuk manipulasi SEO.

Kualitas backlink sangat penting untuk SEO. Mesin pencari akan memberikan nilai yang lebih tinggi pada backlink yang berasal dari situs web yang kredibel dan dianggap sebagai otoritas di bidangnya. Selain itu juga harus relevan dengan konten di halaman web Anda. Jika konten Anda tentang fashion, backlink dari situs web tentang teknologi tidak akan memiliki efek yang signifikan pada SEO Anda.

Dalam rangka untuk memperbaiki SEO Anda, Anda harus fokus pada kualitas dan relevansi backlink Anda. Mesin pencari seperti Google akan memberikan peringkat yang lebih tinggi pada halaman web dengan backlink yang kuat dan berkualitas tinggi. Oleh karena itu, penting untuk membangun strategi backlink yang efektif dan relevan dengan konten Anda.

 

5 Manfaat Backlink

Backlink atau tautan balik adalah salah satu elemen penting dalam strategi SEO (Search Engine Optimization). Tautan balik memungkinkan situs web untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik di mesin pencari seperti Google.

Ada banyak manfaat yang dapat diperoleh dari backlink, di antaranya adalah peningkatan trafik organik, peningkatan otoritas situs, meningkatkan peringkat pencarian, meningkatkan visibilitas dan meningkatkan kepercayaan pengguna.

Backlink yang berkualitas dapat membantu situs web Anda menjadi lebih terkenal dan dihargai oleh mesin pencari, sehingga membantu meningkatkan keterlibatan pengunjung dan meningkatkan konversi. Oleh karena itu, penting bagi setiap pemilik situs web untuk mencari cara untuk memperoleh backlink yang berkualitas dan relevan dengan niche atau topik situs web mereka.

Compress Gambar

Mengapa Perlu Compress Gambar untuk Website?

Written by RedCreatives on . Posted in Blog, Tips & Trik

Compress Gambar merupakan salah satu hal penting yang sering dilupakan oleh pemilik website ketika ingin menambahkan gambar pada halaman atau postingan yang mereka buat. Apa pengaruhnya jika kita asal mengunggah gambar tanpa melakukan optimisasi terlebih dahulu?

Sebagaimana yang kita ketahui, Gambar merupakan elemen penting dalam sebuah website. Bayangkan kalau website tanpa gambar, sudah pasti tampilannya tidak menarik dan kurang informatif. Karena itulah, sebagian besar pemilik website memasukkan gambar ke konten mereka. 

Sebagian besar pemilik website memasukkan gambar ke konten mereka agar konten yang mereka sajikan lebih menarik & informatif. Sayangnya, kebanyakan dari mereka mengupload dan menggunakan gambar yang tidak dioptimasi terlebih dahulu sehingga gambar yang mereka tampilkan malah memengaruhi kecepatan loading, tampilan dan peringkat website.

Kita harus memperhatikan ukuran gambar yang akan diunggah. Ukuran gambar yang diunggah harus kecil agar tidak memperlambat loading laman blog Anda.

Bagaimana Anda bisa mengunggah gambar berukuran kecil dengan kualitas tetap bagus? ada baiknya kita harus mengoptimasi gambar tersebut untuk mempertahankan kualitasnya dengan ukuran yang lebih kecil.

Akan tetapi kebanyakan tidak mengerti cara untuk memperkecil ukuran gambar dengan menggunakan software editor gambar seperti Photoshop atau Corel. Tapi hal ini tidak menjadi masalah karena sekarang banyak situs yang menyediakan fitur kompresi gambar secara online.

Lihat Artikel “Cara Mengecilkan Ukuran Gambar Tanpa Software”.

Compress Gambar

Berikut 3 alasan compress gambar menjadi penting:

 

1. Meningkatkan Kecepatan Loading Halaman Website
Kecepatan loading laman yang rendah akan mengakibatkan pengalaman buruk bagi pengunjung. Hal ini juga mengakibatkan bounce rate yang lebih tinggi dan pengunjung akan menghabiskan waktu lebih sedikit di blog Anda.

 

2. Hemat Space & Bandwith
Saat ini,  banyak layanan web hosting menyediakan kapasitas penyimapan yang besar. Namun, akan lebih baik jika blog atau website Anda menggunakan space lebih sedikit agar dapat memberikan performa lebih gesit.

 

3. Meningkatkan Ranking di Hasil Pencarian

Google dan mesin pencari lainnya ‘tidak menyukai’ website yang loadingnya lambat. Optimisasi gambar membuat performa situs akan naik. Begitu pula peringkat situs Anda.

Dengan gambar yang telah dioptimasi, Google akan mengindeks dan menaikkan peringkat pencarian terhadap gambar Anda dengan cepat, yang mana hal ini merupakan dampak positif untuk traffic.

Mengoptimalkan gambar tidaklah susah dan juga tidak membutuhkan waktu yang lama. Metode ini bisa Anda lakukan pada saat senggang atau saat Anda berkutat dengan konten atau postingan. Perlu Anda ingat, gagal mengatur ukuran gambar bisa membawa dampak negatif bagi peringkat dan performa situs Anda.

Cara Mengecilkan Ukuran Gambar Tanpa Software

Cara Mengecilkan Ukuran Gambar Tanpa Software

Written by RedCreatives on . Posted in Blog, Tips & Trik, Tutorial

Cara Mengecilkan Ukuran gambar merupakan tutorial yang banyak dicari pemilik website untuk keperluan optimisasi gambar pada website mereka. Sebagaimana yang kita ketahui, ukuran gambar menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kecepatan loading website. Optimisasi gambar yang tepat dapat mengurangi penggunaan kuota oleh pengunjung (membuat mereka lebih nyaman saat berselancar di website Anda) dan menghembat bandwith server yang digunakan.

Pada artikel ini, saya akan memberitahu Cara Mengecilkan Ukuran Gambar Tanpa Software. Ada beberapa website yang bisa Anda kunjungi untuk memperkecil ukuran gambar yang akan diposting pada website Anda.

 

1. TINYPNG.COM

TinyPNG menggunakan teknik kompresi lossy yang cerdas untuk memperkecil ukuran gambar dari file WEBP, JPEG, dan PNG Anda. Dengan secara selektif mengurangi jumlah warna dalam gambar, lebih sedikit byte yang diperlukan untuk menyimpan data. Efeknya hampir tidak terlihat tetapi membuat perbedaan ukuran file yang sangat besar!

Cara Mengecilkan Ukuran Gambar Tanpa Software

Website: hhttps://tinypng.com/

Cara Pengunaan:

Klik pada area “Drop your .png or .jpg file here” untuk memilih file gambar Anda.

Proses kompresi akan berjalan secara otomatis dan Anda bisa mengunduh hasilnya dengan klik tombol download.

Anda juga dapat mengkompres lebih dari satu gambar dengan satu klik dengan tool ini.

 


2. ILOVIMG.COM

iLoveIMG adalah solusi sederhana Anda untuk mengedit gambar secara online. Akses semua alat yang Anda butuhkan untuk menyempurnakan gambar Anda dengan mudah, langsung dari web, dengan keamanan 100%.

Situs ini menyediakan fitur yang cukup lengkap. Anda bisa melakukan konversi gambar, mengubah ukuran, cropping, convert file png atau lainnya ke jpg, editor foto, dsb.

cara-mengecilkan-ukuran-gambar

Cara Penggunaan:

Langkah pertama adalah memilih file yang ingin dikecilkan. Anda dapat melakukannya dengan klik tombol Select Images. Perlu diingat bahwa Anda dapat mengkompres sejumlah file bersamaan dengan iLoveIMG.

Setelah itu, tinggal klik Compress Images. File gambar Anda akan langsung diunduh ke komputer atau smartphone setelah prosesnya selesai.

Website: https://www.iloveimg.com

 

Semoga Tutorial Cara Mengecilkan Ukuran gambar yang kami sajikan bisa bermanfaat!

cara mendapatkan uang dari internet dengan mudah

Cara Mendapatkan Uang Dari Internet

Written by RedCreatives on . Posted in Blog, Tips & Trik

Cara mendapatkan uang dari internet sebenarnya tidak terlalu sulit. Banyak orang yang telah menghasilkan ratusan juta rupiah dari aktivitas online mereka. Anda juga dapat meraih kesuksesan yang sama dengan mereka. Asal, Anda mengetahui cara yang tepat.

Pada artikel ini, kami akan membagikan berbagai cara menghasilkan uang dari internet yang bisa Anda coba. Mari kita simak.

1. Bergabung dengan Afiliasi

Secara sederhana, afiliasi adalah kerja sama promosi dan penjualan produk. Anda akan mendapatkan  imbalan berupa komisi untuk tiap produk yang terjual. Prinsip dasarnya, revenue sharing alias berbagi pendapatan. 

Bisa dikatakan afiliasi adalah cara menghasilkan uang dari internet tanpa modal. Sebab, hampir semua program afiliasi memungkinkan Anda bergabung secara gratis

Untuk mendapatkan uang dari afiliasi, Anda perlu mendaftar sebuah program afiliasi terlebih dahulu. Di luar negeri, program yang populer adalah Amazon Affiliates. Di Indonesia, Anda bisa bergabung dengan Program Afiliasi Indonesia tanpa biaya pendaftaran.

Setelah mendaftar, Anda akan mendapatkan banner referral atau kode kupon. Anda bisa membagikannya ke orang lain. Bisa ke pengunjung website atau follower Anda di media sosial. 

Pada saat seseorang menggunakan link Anda dan melakukan pembelian produk, Anda akan mendapatkan komisi.

Secara umum, afiliasi bisa menunjukkan hasil dalam waktu relatif cepat. Bahkan, di Program Afiliasi Indonesia, Anda bisa melakukan pencarian dana (payout) dengan minimal 2 penjualan yang aktif saja!

Jadi, memilih program afiliasi yang tepat itu penting. Dan program afiliasi yang baik memiliki ciri sebagai berikut: 

  • Komisi menguntungkan.
  • Pembayaran tepat waktu.
  • Registrasi mudah dilakukan.

 

2. Membuat Blog

Blogging bukan lagi sekedar hobi. Kegiatan ini bisa menjadi cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula tanpa modal.

Berita bagusnya, siapapun bisa membuat dan menulis blog. Pun, tidak ada aturan pakem topik apa  yang harus ditulis. Anda bebas ingin menulis topik apapun. 

Contoh sukses dari blogging adalah Randa Derkson. Ibu dari 2 anak ini adalah pemilik blog food and travel, The Bewitchin Kitchen. Dalam salah satu postingan, Randa menyebutkan bahwa penghasilannya dari ngeblog bisa mencapai Rp65 juta/bulan. Wow! 

Untuk mendapatkan uang dari blogging, tentu Anda harus membuat blog sebagai langkah awal. Ingat, selalu buatlah blog dengan berlangganan hosting. Sebab, memanfaatkan blog gratis memiliki beberapa kelemahan untuk mendapatkan uang dari internet. 

Pertama, hampir semua platform blog gratis melarang Anda memasang iklan. Kedua, platform blog bisa saja menghapus blog Anda jika dianggap melanggar. Artinya, Anda tidak memiliki kendali penuh atas blog tersebut. 

Nah, jika blog pribadi Anda sudah online, lanjutkanlah pada tahapan pembuatan konten yang menarik. Semakin bermanfaat konten tersebut, semakin besar kemungkinan pengunjung yang bisa didapatkan. 

Agar lebih cepat mendapatkan banyak pengunjung, Anda bisa belajar cara meningkatkan trafik dengan tepat.

Jika kondisi tersebut sudah dicapai, Anda bisa mulai upaya mendapatkan penghasilan online. Dari mana saja?

  • Iklan. Anda bisa bergabung dengan Google Adsense. Saat pengunjung mengklik iklan yang dipasang di blog, Anda akan mendapatkan penghasilan tambahan.
  • Sponsored Posts. Anda bisa bekerja sama dengan pihak lain untuk mengulas suatu produk di blog Anda.
  • Afiliasi. Cukup tempatkan banner afiliasi di blog Anda. Lalu, dapatkan komisi setiap kali pengunjung mengklik link tersebut.

 

3. Menjadi Admin 

Bagi pengguna media sosial yang tidak punya kemampuan mencari peluang sendiri seperti di atas, masih ada cara mendapat uang dari internet lainnya, yaitu menjadi admin.

Admin sosial media sekarang ini bahkan sudah menjadi pilihan karier tersendiri, dan ini didukung dengan banyaknya perusahaan yang mulai membuka lowongan pekerjaan seperti ini. Selain cara konvensional yaitu jual beli, media sosial nyatanya masih menyediakan banyak lahan yang bisa dieksploitasi untuk meraup uang.

Cara di atas merupakan bagian dari memaksimalkan jejaring sosial yang pemakaiannya semakin meningkat tiap tahun. Seharusnya, jangan cuma konsumtif saat memakai media sosial, tapi jadilah pengguna yang produktif.

 

4. Menjadi Dropshipper

Kenyataanya, dropship memang salah satu cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal. Secara singkat, prinsip kerja dropshiper seperti reseller, Anda berjualan produk pihak lain.

Bedanya, reseller harus menyimpan barang sebelum dijual kembali, dropship tidak. Sebab, semua pengiriman barang dilakukan supplier.

Meskipun margin keuntungannya tidak sebesar berjualan produk sendiri, hasilnya cukup menjanjikan. Salah satu contohnya adalah Marc Chapon yang bisa mendapatkan penghasilan tambahan lebih US$ 150 ribu dalam waktu hanya tiga bulan.

Di Indonesia, dengan banyaknya marketplace membuat dropship berkembang dan bisa mendatangkan penghasilan hingga jutaan rupiah.

Untuk menjajal bisnis dropship, ada beberapa langkah yang dilakukan:

  1. Menentukan produk yang akan dijual (elektronik, kosmetik, dll).
  2. Mencari supplier dengan reputasi baik.
  3. Menentukan sarana berjualan (marketplace, website pribadi, media sosial).
  4. Membangun brand Anda sendiri dan mempromosikannya.

Jika langkah tersebut sudah dilakukan, Anda siap berjualan secara dropship.

 

 

5. Berjualan Stok Foto dan Video Footage

Cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal lainnya adalah berjualan stok foto dan video footage. Apalagi kalau Anda memang hobi menangkap dan merekam momen.

Ada banyak situs yang memungkinkan Anda mengunggah stok foto dan video footage, biasanya situs ini memiliki komunitas user yang besar. Jadi, ketika ada orang yang ingin menggunakan foto Anda, ia harus membayar dulu untuk mendapatkan lisensinya.

Dua website foto yang paling sering dikunjungi adalah:

Sedangkan untuk video, empat website ini bisa dicoba:

Sebelum mengunggah koleksi Anda ke website di atas, luangkan waktu untuk browsing atau mencari tahu style foto atau video seperti apa yang paling banyak digunakan.

Tentukan niche atau tema yang ingin Anda rangkum melalui foto dan video, lalu upload sesering mungkin. Semakin banyak portofolio yang dibuat, semakin besar pula kesempatan Anda untuk sukses.

Selain sebagai tempat untuk menghasilkan uang, situs-situs yang telah disebutkan di atas juga bisa menjadi wadah bagi orang-orang yang mengagumi karya Anda.

 

6. Menjadi Youtuber

Kalau Google mencakup semua jenis pencarian mulai dari teks hingga video, YouTube memfokuskan medianya untuk menampilkan berbagai video hiburan atau informatif.

Lalu, bagaimana cara menghasilkan uang dari Internet melalui YouTube? Ada dua cara, yaitu menggunakan sistem iklan yang disediakan dan mengarahkan subscriber untuk mengunjungi website atau media sosial Anda.

Apabila merasa nyaman di depan kamera dan ingin membuat video, bangun channel YouTube Anda sendiri. Tentukan tema channel Anda. Pada umumnya, ada dua tipe channel yang akan sukses menarik perhatian:

  • Video hiburan. Misalnya, web series, komedi, prank, ulasan, video ‘walkthrough’ untuk game, dan masih banyak lagi.
  • Video edukasi. Konten ini layaknya artikel ‘how-to’ yang divisualisasikan. Bila Anda memiliki kemampuan (skill) yang mumpuni atau ingin berbagai informasi apa saja, tipe video ini bisa jadi pilihan yang tepat.

Jika sudah tahu tema seperti apa yang hendak ditampilkan di channel YouTube, langkah selanjutnya adalah membuat nama yang unik. Nama ini nantinya digunakan sebagai nama channel Anda.

 

Beberapa tips agar sukses jadi YouTuber:

  1. Rekam dengan kamera berkualitas tinggi.
  2. Coba beberapa gaya, format, dan teknik penyuntingan video sampai menemukan yang pas.
  3. Optimasikan judul, deskripsi, dan gambar video untuk mendapatkan lebih banyak klik.
  4. Atur jadwal publikasi video agar subscriber tahu kapan saja mereka bisa menonton video di channel Anda.

 

Setelah membaca dari awal hingga akhir mengenai cara mendapatkan uang dari internet dengan mudah, mana yang kira-kira Anda pilih sesuai kemampuan dan minat?

Apa pun pilihan Anda, persiapkanlah dengan matang sebelum berkecimpung pada sebuah bisnis.

18Shares