resouce hosting usage

Penjelasan, Pengertian & Istilah Pada Resource Hosting

Written by RedCreatives on . Posted in Blog, Hosting

Resource Hosting adalah teknologi server yang berfungsi untuk mengidentifikasi penggunaan sumber daya hosting yang digunakan. Umumnya informasi mengenai penggunaan sumber daya / resource hosting bisa user lihat melalui Cpanel.  
resouce hosting usage

contoh informasi resouce hosting di cpanel yang hampir melebihi batas penggunaan

  LVE merupakan fitur yang memungkinkan untuk memberi limitasi atau batasan (SPEED, Memory, IO, IOPS, NPROC, dan EP) sehingga tidak ada satu website yang overload (menyalahgunakan resource) dan menyebabkan server down. LVE memastikan user tidak bisa melebihi resource yang telah diberikan sesuai dengan paket yang digunakan oleh user.  

PENJELASAN RESOURCE HOSTING

1. SPEED

SPEED Limit atau CPU SPEED adalah limitasi LVE yang berfungsi untuk membatasi pemakaian CPU dengan satuan % (persen) per single core.

Contoh perhitungan limitasi speed LVE:

–speed=XX% akan menghitung performa relatif per 1 core.

  • –speed=50% artinya 1/2 core
  • –speed=100% artinya 1 core,
  • –speed=150% artinya 1,5 core
 

2. Memory (Physical Memory)

Memory Limit adalah limitasi LVE yang berfungsi membatasi memory (RAM) dihitung dalam MB (Megabyte) atau GB (Giga byte).

Anda dapat melihat proses individual penggunaan memory dengan memonitor kolom RES pada output teratas proses. Memory fisik juga menghitung shared memory yang digunakan oleh klien, termasuk pula disk cache.

Jika user kekurangan memory fisik, memory yang digunakan pada disk cache akan dilepaskan tanpa mengganggu kinerja memory.

Contoh limitasi Memory (RAM):

  • Paket standar kami memiliki memory 1GB.
 

3. IO (Input Output) & IOPS (Input Output Per Second)

IO (Input Output) adalah limitasi LVE yang membatasi input/output (read/write) data ke drive disk untuk klien dengan satuan kb/s. Saat mencapai limit, proses akan diubah ke mode sleep dan semakin lambat. IO limit hanya akan berdampak kepada disk IO, tidak pada jaringan dan disk cache.

Hosting resource IO bisa dilihat via cpanel

Contoh limitasi IO:

  • paket hosting D memiliki IO 3mbps yang artinya user di paket itu dapat melakukan read dan write sebesar 3mb per detik.

IOPS adalah limitasi LVE yang membatasi jumlah IO dalam detik. Jika mencapai limit, maka operasi data akan dihentikan hingga sisa detiknya habis.

Contoh limitasi IOPS:

  • paket Hosting Advanced memiliki IOPS 1024 > user di paket tersebut dapat menggunakan limit IO sebanyak 1024 kali dalam 1 detik.
 

4. EP (Entry Process)

EP adalah limitasi LVE yang membatasi keseluruhan proses utama Apache per user pada server atau biasa disebut dengan concurrent connections apache.

Ketika melebihi limit yang diberikan, user akan dimasukkan pada proses LVE sehingga proses pada user tersebut menjadi lambat, yang artinya website klien akan menjadi lambat saat diakses.

 

5. NPROC (Number of Processes)

NPROC adalah limitasi LVE yang membatasi jumlah maksimal proses yang berada di LVE.

Ketika user mencapai batas limitasi NPROC maka user tidak dapat membuat proses kembali hingga proses sebelumnya selesai. Website user yang melebihi limit NPROC tidak akan dapat diakses sampai NPROC kembali tersedia (proses sebelumnya selesai).

 

5. Inode

Inode adalah sebuah struktur data yang berisi informasi untuk sebuah objek dari file system (bisa berupa file atau direktori). Sehingga, akan ada sebuah inode untuk setiap file atau direktori yang terdapat pada Linux. Struktur data pada inode akan digunakan oleh system untuk mengidentifikasi sebuah file atau direktori. Informasi yang tersimpan pada inode berupa :
  • Tipe file
  • Permission
  • Ownership (termasuk grupnya)
  • Ukuran file
  • Atime(Access time), mtime (modified time), ctime (change time)
  • Jumlah softlinks dan/atau hardlinks
  • ACS / Access control list
  Dari penjelasan diatas bisa kita ambil contoh berikut. Jika pada web hosting terdapat 1 file dan 1 direktori artinya jumlah inode-nya adalah 2 inodes. Tapi jika terdapat 2 file dan 3 direktori, artinya jumlah inode-nya adalah 5 inodes.  

Resiko Ketika Resource Usage Mencapai Limit.

Indikasi website lambat saat diakses adalah salah satu ciri penggunaan resource hosting yang cukup besar, hal ini akan membuat pengunjung mulai berfikir untuk membatalkan kunjungannya ke website kita karena waktu mereka terbuang hanya untuk menunggu website dapat ditampilkan dengan sempurna.   Resiko selanjutnya, website tidak dapat diakses sama sekali. Bisa dipastikan pengunjung yang sebenarnya tertarik produk/jasa yang Anda tawarkan menjadi berpikir 2 kali.
cara menaikan memory limit wordpress

Cara Menaikan Memory Limit WordPress

Written by RedCreatives on . Posted in Blog, Hosting, Keamanan Website, Tips & Trik, Wordpress

Dalam beberapa contoh kasus permasalahan memory limit wordpress, misalnya untuk kebutuhan instalasi tema & demo kontennya, biasanya akan muncul error seperti berikut:

Allowed memory size of 134217728 bytes exhausted (tried to allocate 85999616 bytes) in

Oleh karena itu yang harus dilakukan adalah menaikan limit nya melalui Cpanel atau file wp-config.php pada file WordPress Anda dengan cara berikut:

Menaikan Memory Limit WordPress via Cpanel

1. Login ke dashboard utama cPanel Anda

2. Pilih menu Software > Select PHP Version

memory limit wordpress

 

3. Pilih Switch to PHP Options untuk mengganti kuota memory limit yang Anda butuhkan.

 

cara menaikan memory limit

 

4. Pilih value memory_limit dan ganti memory sesuai dengan yang Anda butuhkan, lalu klik Apply.

 

5. Klik Save untuk menyimpan pengaturan baru Anda. Anda akan mendapatkan notifikasi seperti ini jika sudah berhasil menyimpannya.

 

Melalui File Wp-config.php

1. Masuk ke dalam folder installasi wordpress anda.

2. Buka dan edit file wp-config.php

3. Setelah itu tambahkan line berikut ini di bawah code “define(‘DB_COLLATE’, ”);”

define(‘WP_MEMORY_LIMIT’, ‘256M’);

4. Save file tersebut dan silahkan coba akses kembali website anda.

Selamat mencoba.

Email Error SMTP Disabled atau Sendmail Disabled

Penyebat Terjadinya Email Error SMTP Disabled atau Sendmail Disabled

Written by RedCreatives on . Posted in Blog, Email, Hosting, News

Email Error SMTP Disabled atau Sendmail Disabled

Penyebat Terjadinya Email Error SMTP Disabled

Apabila Anda mendapatkan pesan error SMTP Disabled atau sendmail disabled saat mengirimkan email baik melalui webmail, mail client (outlook dan lain-lain) dan script maka artinya layanan email Anda dinonaktifkan karena sistem hosting mendeteksi akun Anda melakukan mass email di sistem mereka.

Mass email sangat kami larang dan untuk SMTP, kami membatasi maksimal pengiriman email hingga 100 email per jam (total 2400 email selama 24 jam).

Untuk itu, jika Anda adalah sebuah perusahaan dan memiliki banyak akun email (50 email lebih) maka kami menyarankan agar Anda menggunakan layanan VPS atau Mail Business. Pada shared hosting, kami tidak dapat memberikan layanan email secara maksimal jika Anda memiliki akun lebih dari 50 email dan harus berada di VPS.

limite pengiriman email

Maksimal Penerima Email dan Ukuran (Size)

Written by RedCreatives on . Posted in Blog, Email, Hosting, News

limite pengiriman email

Maksimal penerima email dalam sekali kirim di RedCreatives adalah 15 penerima dalam satu kali pengiriman. Jika Anda ingin mengirimkan email ke 30 penerima, maka kirimkanlah dalam dua (2) tahap.

Untuk ukuran email, maksimal 20 Mb. Ukuran atau size email tersebut mencakup ukuran email sendiri dan lampirannya. Selain itu, limit total email yang dapat dikirimkan dalam 24 jam adalah 2400 email (limitasi 100 email / jam).

Pengiriman melebihi batasan yang ditetapkan dalam shared hosting yang digunakan oleh klien RedCreatives dapat menyebatkan terjadinya Limit Max Defers.

Jika hal itu terjadi, Solusinya adalah:

  • Anda harus menunggu hingga limit dilepas secara otomatis oleh sistem pihak hosting.
  • Limit akan dilepas setelah satu jam sejak akun Anda masuk ke dalam limit hosting
  • Silakan gunakan VPS untuk menggunakan server secara private.

Limit Max Defers

Email defers adalah email-email yang ditunda pengirimannya karena beberapa sebab. Umumnya karena email tujuan tidak valid. Hal ini membuat server email tak dapat menjangkau server email tujuan yang terblokir antispam/firewall.

Pihak hosting dimana website klien ditempatkan memberikan toleransi hingga 5 email dalam satu jam. Pastikan email yang Anda tuju valid dan memiliki reputasi baik untuk menghindari terjadinya hal ini.

Solusi: Perusahaan hosting menyarankan untuk menggunakan VPS untuk menghindari limit ini atau gunakan paket bisnis agar dapat mengirimkan dengan server cloud perusahaan hosting.

 

imunify360

Proteksi Imunify360 Untuk Hosting Klien

Written by RedCreatives on . Posted in Blog, Hosting, Keamanan Website, Wordpress

imunify360   Proteksi Imunify360 merupakan fitur keamanan terbaru yang digunakan pada hosting klien RedCreatives. Sebagai informasi,  Imunify360 adalah solusi keamanan masa kini yang khusus dibuat untuk server web hosting. Fitur keamanan hosting ini menggunakan sistem proteksi dan pendekatan proaktif yang unik untuk memberi perlindungan total dari serangan yang diketahui maupun tidak. Keamanan menjadi prioritas utama bagi pemilik bisnis online. Perusahaan hosting yang menjalin kerjasama dengan RedCreatives memahami hal tersebut, lantas kami mengaplikasikannya sebagai proteksi terbaik untuk web server dan website Anda dengan Imunify360. Imunify360 Untuk menemukannya, silakan login ke cPanel Area -> SECURITY    Fitur :
  • Advanced WAF (Web Application Firewall) with AI Technology
  • Automated Malware Scanner and Cleaner
  • Intrusion Detection and Protection
  • Proactive Defense for PHP Websites
  • WebShield with Integrated CAPTCHA
  • Anti DDoS Layer 7 Protection
  Apabila ada salah satu file yang dianggap berbahaya oleh fitur proteksi tersebut, maka file tersebut akan dimasukkan ke dalam karantina. Tetapi jika file tersebut adalah file core website Anda sendiri, biasanya Imunify360 akan memberikan informasi bahwa file tersebut adalah Malicious file, lalu file tersebut dirubah permissionnya menjadi 0000 secara otomatis supaya scriptnya tidak berjalan. Untuk lebih jelasnya anda bisa mengunjungi website resminya di https://www.imunify360.com/
Hubungi Kami
Please read our Term of Services first to start a conversation.