Perbandingan CMS Terbaik 2018

Written by RedCreatives on . Posted in Blog

CMS Terbaik 2018 Untuk Website Anda

Ada banyak platform CMS gratis yang tersedia bagi Anda jika ingin memiliki website. Bahkan hanya dalam beberapa jam saja postingan pertama Anda sudah bisa dibaca banyak orang di internet. Meski gratis, untuk menginstall dan mengaktifkannya Anda membutuhkan hosting dan domain. Selain itu banyak developer yang menyediakan template-template premium dengan desain yang ciamik yang bisa anda beli .

Mari kita bandingkan CMS Terbaik 2018 menurut RedCreatives :

cms terbaik 2018

1. WordPress

CMS WordPress  mewadahi lebih dari 30% website di seluruh dunia. Kemudahan penggunaan dan tersedianya beragam fitur adalah dua hal yang menjadikan WordPress lebih unggul dari CMS lainnya. Sebagian besar provider masa kini memberikan Anda kemudahan untuk menginstall WordPress hanya dalam beberapa kali klik saja. Setelah itu, Anda bisa mencari dan menginstall tema dan plugin yang sesuai dengan kebutuhan website Anda.

Selain banyaknya add-ons yang dikembangkan oleh banyak developer di seluruh dunia, WordPress juga memiliki komunitas yang besar. Jadi, jika Anda mendapati suatu masalah terkait plaform, solusinya bisa dengan mudah ditemukan di berbagai tutorial, artikel, bahkan forum online. Singkatnya, WordPress adalah pilihan paling aman jika Anda ingin mengembangkan website dengan maksimal. 

Jenis-jenis Web Hosting

Written by RedCreatives on . Posted in Blog, Hosting

Jenis-Jenis Web Hosting  Yang Perlu Pemilik Website Ketahui

Perusahaan penyedia layanan hosting & domain biasanya menawarkan jenis-jenis web hosting yang berbeda agar sesuai dengan keinginan dan kebutuhan klien. Berikut contoh hosting yang sering digunakan:

  • Shared Hosting
  • VPS (Virtual Private Server) Hosting
  • Cloud Hosting
  • WordPress Hosting
  • Dedicated Server Hosting


Semakin berkembang website Anda, maka semakin besar pula space yang dibutuhkan. Mulailah mengonlinekan website Anda di paket dasar Shared Hosting. Jika website Anda sudah mulai ramai dikunjungi, silakan upgrade ke hosting yang lebih tinggi.

jenis-jenis web hosting

a. Shared Hosting
Shared hosting adalah salah satu jenis hosting yang berbayar. Bagi Anda yang memiliki dana minim, maka shared hosting merupakan pilihan yang tepat. Pasalnya, layanan ini ditawarkan dengan harga yang sangat terjangkau. Shared hosting akan menempatkan beberapa situs website pada server yang sama. Dimana masing-masing website akan berbagi sumberdaya CPU dan RAM. Untuk website yang tidak begitu banyak pengunjung atau data, menggunakan layanan shared hosting tentu bisa membantu berhemat.

b. Virtual Private Server (VPS)
VPS sebenarnya hampir sama dengan jenis shared hosting. Hanya saja, sumber daya yang digunakan lebih tinggi kualitasnya. Menggunakan hosting server ini, maka klien bisa menggunakan seluruh sumber daya sekaligus menginstall aplikasi yang ada tanpa harus membaginya dengan klien lain. VPS sangat cocok untuk Anda yang memiliki website dengan banyak jumlah pengunjung.

c. Cloud Hosting
Jenis hosting selanjutnya adalah Cloud hosting yang memiliki banyak server. Masing-masing servernya didesain untuk bisa berinteraksi dan terhubung satu sama lain agar performa situs web tetap terjaga. Dengan memakai cloud hosting, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan terkait dengan keterbatasan sumber daya atau ketidakstabilan server.

d. Dedicated Server
Dedicated hosting memiliki konsep yang hampir sama dengan konsep shared hosting. Dimana hanya ada satu server saja yang digunakan. Namun, dedicated server memungkinkan untuk satu website memakai satu server. Tidak perlu berbagi dengan situs atau website lain. Dengan adanya hosting jenis ini, maka privasi website akan lebih terlindungi. Sebab tidak ada website lain yang menggunakan server yang sama dengan Anda. Tentu saja, performanya juga akan lebih baik dibandingkan dengan jenis server lainnya.

e. Colocation Server
Pada dasarnya colocation server mirip dengan dedicated server, perbedaannya terletak pada kepemilikian dan penempatan server. Jika dedicated server sudah tersedia dan dimonitoring oleh penyedia layanan hosting sedangkan colocation server harus menyiapkan sebuah server sendiri yang nantinya bakal ditempatkan dan dimonitoring oleh penyedia layanan hosting.

Pengertian Webhosting Indonesia?

Written by RedCreatives on . Posted in Blog, Hosting

pengertian webhosting indonesia

 

Pengertian WebHosting Indonesia adalah layanan jasa atau penyewaan tempat untuk menyimpan file atau bentuk script yang berada Internet dan memungkinkan Anda menampilkan layanan jasa atau produk di web yang fisik servernya berada di negara Indonesia.

Ketika Anda membeli dan mendaftar di suatu layanan webhosting indonesia, pada dasarnya Anda sedang meminjam space di server, tempat menyimpan semua file dan data yang dibutuhkan oleh website agar dapat bekeja sepenuhnya. 

Server merupakan komputer fisik yang dijalankan tanpa adanya interupsi sehingga website Anda bisa diakses kapan saja oleh siapa pun. Web host bertugas untuk menjaga server agar tetap aktif dan berjalan, mengamankannya dari serangan cyber berbahaya, dan memindahkan konten (teks, gambar, file) dari server ke browser pengunjung situs Anda.

Apabila Anda ingin membuat website, maka langkah paling pertama yang harus dilakukan adalah mencari perusahaan hosting yang menyediakan space server. Web host menyimpan semua file, aset, dan database pada server. 

Pada dasarnya, cara kerja web hosting hampir sama ketika Anda hendak menyewa rumah. Anda harus membayar biaya sewa setiap bulan/tahun agar server bisa berfungsi penuh.

Ketika Anda memilih paket jasa pembuatan website di RedCreatives, Anda secara otomatis mendapatkan GRATIS DOMAIN DAN HOSTING UP TO UNLIMITED selama 1 tahun penuh. Layanan hosting yang berada di paket yang kami tawarkan tentunya merupakan layanan hosting yang berkualitas demi kenyamanan website klien kami.

Tips Memilih Domain yang Tepat

Written by RedCreatives on . Posted in Blog, Domain

pengertian domain, fungsi domain, domain gratis, domain murah, memilih domainKetika pertama kali ingin membeli domain, Anda mungkin bingung bagaimana cara memilih domain yang tepat. Memilih sebuah nama domain sebenarnya sama dengan memilih nama untuk perusahaan atau bisnis Anda. Anda membutuhkan waktu dan banyak pemikiran dalam memilih nama tersebut.

 

Pengertian Domain:

Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Fungsi Domain adalah untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP address. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya “wikipedia.org”. Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

 

Domain Anda akan menjadi identitas Anda di internet sehingga Anda sebaiknya memastikan bahwa nama yang Anda pilih sesuai dengan bisnis Anda dan mudah untuk ditemukan dan dipromosikan. Nama domain yang menarik bisa memberikan dampak yang besar bagi kelangsungan bisnis online Anda.

 

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda gunakan untuk menemukan nama domain yang tepat dan sempurna untuk website baru Anda!

 

  1. Gunakan nama domain yang kreatif dan brandable
    Seperti yang disebutkan sebelumnya, nama domain Anda akan menjadi identitas Anda di dunia online. Oleh karena itu sebisa mungkin gunakan nama yang kreatif dan brandable agar Anda bisa melakukan branding dengan mudah. Domain Anda akan menjadi nama yang dicari, diingat, dan disebarkan oleh customer dan pengunjung website Anda.


  2. Pastikan bahwa domain Anda mudah diketik
    Menemukan nama domain yang mudah diingat dan mudah diketik akan membantu Anda mencapai sukses online. Jika Anda menggunakan ejaan-ejaan gaul atau kata-kata yang memiliki beberapa ejaan akan membuatnya susah diingat.


  3. Gunakan nama domain yang pendek
    Jika nama domain Anda panjang dan ribet, ada kemungkinan customer Anda tidak dapat mengingat domain Anda. Atau mereka juga mungkin bisa saja salah mengeja atau mengetik alamat domain Anda. Jika Anda menggunakan domain yang pendek tentunya kecil kemungkinan hal-hal seperti ini terjadi. Disarankan dalam memilih nama domain Anda, nama domain Anda tidak lebih dari 17 karakter.


  4. Gunakan keyword yang berhubungan dengan keperluan website Anda
    Jika domain ini untuk website bisnis, coba masukkan keyword yang berhubungan dengan bisnis dan servis Anda di nama domain Anda. Misalnya, jika Anda memiliki bisnis laundry, masukkan keyword laundry di domain. Menggunakan keyword pada domain dapat membantu SEO website bisnis Anda agar muncul di halaman pertama hasil pencarian. Dengan begitu, Anda juga akan meningkatkan traffic website Anda.

  5. Target area Anda
    Jika bisnis Anda adalah bisnis lokal, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk memasukkan nama kota Anda di domain Anda agar calon customer dan customer lokal dapat dengan mudah menemukan Anda.

  6. Gunakan domain yang mudah diingat
    Di dunia ini ada jutaan nama domain yang sudah diregister sehingga sangat penting jika Anda memiliki nama domain yang catchy dan mudah diingat. Untuk mengetes, Anda bisa bertanya pada orang lain apakah nama tersebut mudah diingat? Jika iya maka mungkin Anda bisa menggunakan domain tersebut.

  7. Riset
    Dalam memilih nama domain, pastikan bahwa nama domain Anda belum di trademark, copyright, atau digunakan oleh perusahaan lain. Jika Anda menggunakan nama yang sudah di trademark, copyright, dan digunakan oleh perusahaan lain, Anda bisa saja terkena masalah legal.

  8. Gunakan extension domain yang tepat
    Extension adalah akhiran yang ada pada domain seperti .com atau .net di akhir alamat website. Sampai saat ini, extension .com adalah extension yang paling popular tetapi mendapatkan nama yang pendek dan mudah diingat dengan domain .com memang lebih sulit karena extension ini sudah ada sejak lama.

  9. Lindungi dan bangun brand Anda
    Untuk melindungi brand Anda, ada baiknya Anda membeli domain dalam beberapa extensions yang berbeda. Ini agar competitor Anda tidak me-register versi lain dari domain website Anda. Selain itu, dengan memiliki beberapa versi dari nama domain Anda, pengunjung website Anda tetap akan terhubung ke website Anda meskipun mereka salah mengetik.

  10. Hak Akses 
    Jika anda menggunakan jasa pihak ketiga untuk pembelian domain dan hosting, pastikan anda mendapat akun untuk kemudahan pengaturan DNS, Lock-Unlock Domain, melihat EPP CODE, dan sebagainya. Pastikan juga mendapat support yang cepat dan tepat dari pihak ketiga. 

 

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang hendak membangun website dengan menggunakan nama domain yang tepat. Silahkan isi kolom komentar jika ada pertanyaan seputar domain

Cara Setting Yoast SEO Terbaru 2018

Written by RedCreatives on . Posted in Blog, SEO, Wordpress

Yoast SEO adalah plugin SEO dari WordPress yang fiturnya paling lengkap dan mudah untuk digunakan oleh para pemilik web. Kegunaan dari plugin ini sendiri adalah untuk memaksimalkan kinerja SEO WordPress dan agar website Anda lebih “ramah” dengan mesin pencari.

Dengan kata lain, Plugin ini membuat website lebih cepat teroptimisasi di mesin pencari. Cara setting Yoast SEO Terbaru 2018 ini sangat direkomendasikan untuk diketahui oleh pemilik website agar dapat meningkatkan rangking website secara bertahap.

 

Fitur

Fitur yang dimiliki oleh plugin Yoast SEO ini cukup lengkap untuk meningkatkan SEO sebuah website, berikut ini beberapa fitur menarik yang dimilikinya:

  1. Mengubah SEO title dan meta description pada setiap postingan
  2. Mengubah SEO title dan meta description di social media
  3. Konfigurasi Meta Robot
  4. Verifikasi Google Webmaster Tools, Bing dan Yandex
  5. XML Sitemap
  6. Breadcrumbs
  7. Permalinks
  8. Meta Robot
  9. Google snippet
  10. Fitur analysis

 

Video Panduan

STEP BY STEP

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menginstal plugin Yoast SEO di website Anda. Caranya adalah dengan memilih menu Plugins yang terdapat pada dashboard admin wordpress kemudian klik tombol Add New. Di kolom pencarian, tulis kata “Yoast SEO” lalu instal plugin tersebut.
  2. Settingan awal bisa dibiarkan default atau anda bisa mengikuti panduan configuration wizard. Setelah itu sebaiknya Anda melakukan verifikasi webmaster tools. Dapatkan kode verifikasinya dengan mengikuti panduan pada link di bawah kolom. Lihat artikel Cara Verifikasi Website di Google Webmaster Tools.

    pengaturan-webmaster-yoast-seo

  3. Integrasikan halaman sosial media Anda. Pada bagian menu Social silakan klik tab Accounts, kemudian masukkan akun sosial media yang dimiliki pada kolom your social profiles berupa url dari profile masing-masing akun sosial media Anda

    integrasi sosial media di yoast seo
    Hal ini berguna untuk memberitahu search engine seperti Google mengenai akun media sosial untuk website Anda. Setelah selesai silakan klik tombol Save Changes.

 

Cara Setting Yoast SEO Pada Postingan 

Cara setting Yoast SEO pada postingan (halaman ataupun artikel) cukuplah mudah, setelah Anda selesai melakukan instalasi dan melakukan konfigurasi plugin Yoast SEO, selanjutnya adalah menerapkannya pada postingan. Hal ini dilakukan supaya setiap postingan Anda teroptimasi dengan baik.

Penggunaannya pun tinggal melihat Analysis dari Yoast SEO yang ada di bagian bawah editor postingan, seperti berikut :

  1. Masukan Keyword
    Silakan untuk memasukkan keyword pada kolom Focus keyword yang sebelumnya sudah Anda tentukan.

    cara memasukan keyword di yoast seo

  2. Masukan Deskripsi Postingan
    Klik tombol Edit Snippet, kemudian masukkan deskripsi singkat dari artikel Anda yang mengandung keyword, pada contoh ini kami menggunakan keyword cara setting yoast seo. Pastikan juga pada slug mengandung keyword.

    cara-setting-snippet-di-yoast
  3. Pada Icon Social, Anda bisa melakukan settingan serupa agar ketika konten/ artikel dishare, akan muncul image dan keterangan sesuai dengan settingan Anda.

 

Hal yang harus diperhatikan ketikan setting yoast di postingan!

  1. Ada keyword pada satu subjudul H2/H3 pada konten postingan.

  2. Paragraf pertama mengandung kata kunci (keyword)

    setting-yoast-di-konten

  3. Perhatikan keyword density pada bagian Analysis.
    Anda akan melihat keyword density pada postingan, yaitu perbandingan jumlah keyword dengan jumlah kata pada postingan. Pastikan keyword density berwarna hijau. Selain keyword density, perhatikan juga bagian lain dan usahakan berwarna hijau.

  4. Tambahkan internal link, yaitu link ke salah satu postingan Anda yang ada di website. Seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini, sebuah internal link yang mengarah ke postingan verifikasi website ke Google Webmaster tools.

    cara verifikasi website, webmaster tools

  5. Tambahkan keyword pada alt tag gambar
    Silahkan tambahkan keyword pada alt tag gambar, minimal pada salah satu gambar. Caranya cukup mudah, silakan klik pada gambar di postingan kemudian pilih logo pensil.

    alt-tag-pada-gambar

 

Setelah Anda menyelesaikan tutorial cara setting Yoast SEO diharapkan sudah dapat melakukan optimasi pada website yang Anda kelola. Jangan lupa untuk selalu rutin mengupdate konten agar website Anda bisa terus bersaing di search engine untuk memperoleh peringkat terbaik.