Compress Gambar

Mengapa Perlu Compress Gambar untuk Website?

Written by RedCreatives on . Posted in Blog, Tips & Trik, Tutorial

Compress Gambar merupakan salah satu hal penting yang sering dilupakan oleh pemilik website ketika ingin menambahkan gambar pada halaman atau postingan yang mereka buat. Apa pengaruhnya jika kita asal mengunggah gambar tanpa melakukan optimisasi terlebih dahulu?

Sebagaimana yang kita ketahui, Gambar merupakan elemen penting dalam sebuah website. Bayangkan kalau website tanpa gambar, sudah pasti tampilannya tidak menarik dan kurang informatif. Karena itulah, sebagian besar pemilik website memasukkan gambar ke konten mereka. 

Sebagian besar pemilik website memasukkan gambar ke konten mereka agar konten yang mereka sajikan lebih menarik & informatif. Sayangnya, kebanyakan dari mereka mengupload dan menggunakan gambar yang tidak dioptimasi terlebih dahulu sehingga gambar yang mereka tampilkan malah memengaruhi kecepatan loading, tampilan dan peringkat website.

Kita harus memperhatikan ukuran gambar yang akan diunggah. Ukuran gambar yang diunggah harus kecil agar tidak memperlambat loading laman blog Anda.

Bagaimana Anda bisa mengunggah gambar berukuran kecil dengan kualitas tetap bagus? ada baiknya kita harus mengoptimasi gambar tersebut untuk mempertahankan kualitasnya dengan ukuran yang lebih kecil.

Akan tetapi kebanyakan tidak mengerti cara untuk memperkecil ukuran gambar dengan menggunakan software editor gambar seperti Photoshop atau Corel. Tapi hal ini tidak menjadi masalah karena sekarang banyak situs yang menyediakan fitur kompresi gambar secara online.

Lihat Artikel “Cara Mengecilkan Ukuran Gambar Tanpa Software”.

Compress Gambar

Berikut 3 alasan compress gambar menjadi penting:

 

1. Meningkatkan Kecepatan Loading Halaman Website
Kecepatan loading laman yang rendah akan mengakibatkan pengalaman buruk bagi pengunjung. Hal ini juga mengakibatkan bounce rate yang lebih tinggi dan pengunjung akan menghabiskan waktu lebih sedikit di blog Anda.

 

2. Hemat Space & Bandwith
Saat ini,  banyak layanan web hosting menyediakan kapasitas penyimapan yang besar. Namun, akan lebih baik jika blog atau website Anda menggunakan space lebih sedikit agar dapat memberikan performa lebih gesit.

 

3. Meningkatkan Ranking di Hasil Pencarian

Google dan mesin pencari lainnya ‘tidak menyukai’ website yang loadingnya lambat. Optimisasi gambar membuat performa situs akan naik. Begitu pula peringkat situs Anda.

Dengan gambar yang telah dioptimasi, Google akan mengindeks dan menaikkan peringkat pencarian terhadap gambar Anda dengan cepat, yang mana hal ini merupakan dampak positif untuk traffic.

Mengoptimalkan gambar tidaklah susah dan juga tidak membutuhkan waktu yang lama. Metode ini bisa Anda lakukan pada saat senggang atau saat Anda berkutat dengan konten atau postingan. Perlu Anda ingat, gagal mengatur ukuran gambar bisa membawa dampak negatif bagi peringkat dan performa situs Anda.

Tags: , , ,

Trackback from your site.

RedCreatives

Spesialis Vendor Jasa Pembuatan & Maintenance Website Profesional Berbasis WordPress - sejak 2013. Visit our Instagram or read the Facebook Page.

Leave a comment