cara setting yoast terbaru 2021

Cara Setting Yoast Terbaru 2021

Written by RedCreatives on . Posted in Blog, SEO, Tips & Trik, Tutorial, Wordpress

cara setting yoast terbaru 2021

Cara setting Yoast Terbaru 2021 cukuplah mudah, tapi Anda harus sedikit bersabar dalam pengaturannya.

Yoast SEO sendiri merupakan salah satu plugin seo paling powerfull untuk website berbasis wordpress. Tujuannya, supaya website lebih mudah terindeks dan artikel yang dibuat muncul diharapkan muncul di mesin pencari dengan kata kunci yang dipasang.

Pada artikel Cara Setting Yoast Terbaru 2021, kami akan membahas bagaimana cara setting plugin tersebut secara lengkap dengan pengaturan fitur-fitur yang dapat meningkatkan rangking website.

 

Fitur Pada Yoast SEO Terbaru

 

1. Mengubah SEO title dan meta description pada setiap postingan;

2. Konfigurasi Meta Robot;

3. Verifikasi Google Webmaster Tools, Bing dan Yandex;

4. XML Sitemap;

5. Breadcrumbs;

6. Permalinks;

7. Meta Robot;

8. Google snippet;

9. Fitur analysis.

Cara Instal Plugin 

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin Yoast SEO.

Download Yoast SEO Terbaru di sini

Setelah plugin diaktifkan pada dashboard WordPress, Anda akan melihat menu di bagian kiri dengan nama SEO.

cara-setting-yoast-seo

Note:
Salah satu perbedaan utama versi gratis dan premium adalah versi berbayar dapat memunculkan thumbnail gambar postingan secara otomatis ketika Anda berbagi (share) postingan ke social media.

Cara Setting Yoast Terbaru 2021

Settingan awal bisa dibiarkan default atau anda bisa mengikuti panduan configuration wizard. Setelah itu sebaiknya Anda melakukan verifikasi webmaster tools

Integrasikan halaman sosial media Anda (jika memiliki page fb/twiiter. Pada bagian menu Social silakan klik tab Accounts, kemudian masukkan akun sosial media yang dimiliki pada kolom your social profiles berupa url dari profile masing-masing akun sosial media Anda

1. General Setting

Merupakan pengaturan umum untuk plugin Yoast. Ada tiga sub-setting dalam pengaturan ini yaitu Dashboard, Features dan Webmaster Tools. Berikut penjelasan tentang pengaturan di bagian General:

Dashboard – Bagian ini merupakan tempat informasi dasar plugin dan notifikasi jika ada yang salah dengan settingan kita. Disini juga muncul pemberitahuan jika ada saran-saran penting terkait SEO di situs kita.First-time SEO configuration: Fitur untuk membantu pengguna untuk menyetel settingan Yoast secara dasar dan otomatis.

Problems: Fitur yang akan memberikan notifikasi bahwa ada error serius dalam situs kamu.

Notifications: Fitur notifikasi yang memberitahu sesuatu hal dari Yoast kepada pengguna.


Features – Tab Features merupakan tempat dimana kamu bisa mengaktifkan atau menon-aktifkan fitur-fitur utama dari plugin ini.SEO analysis: Fitur untuk mengatur SEO on-page dengan analisa sesuai dengan konten/artikel yang akan ditulis.
Readability analysis: Fitur yang membantu untuk mengetahui keakuratan struktur dan gaya penulisan artikel.

Cornerstone content: Fitur untuk menandakan artikel pilar.

Text link counter: Membantu meningkatkan struktur internal situs.

XML sitemaps: Fitur sitemap untuk disubmit ke webmaster, seperti Google Search Console dan Bing Webmaster Tools.

Ryte integration: Fitur integrasi Yoast dan Ryte.

Admin bar menu: Fitur untuk mengaktifkan opsi Yoast tampil di menu dashboard WordPress.

Security – no advanced settings for authors: Pilihan memberikan akses pengaturan Yoast untuk author/penulis lain.

Webmaster Tools – Fitur ini merupakan tempat dimana kamu bisa memasukkan kode verifikasi kepemilikan website dari beberapa Webmaster search engine seperti Google, Bing, Yandex dan Baidu.

2. Search Appearance

Search Appearance merupakan salah satu settingan penting di Yoast SEO. Di menu ini kamu bisa mengatur segala hal yang berkaitan dengan SEO on-page kamu, terutama untuk konten, knowledge graph & schema, rich snippet dan RSS Feed situs kamu.

Berikut penjelasan dari fitur-fitur yang ada di settingan Search Appearance:

General – Di tab General ini kamu bisa mengatur separator atau pemisah untuk judul artikel kamu ketika ditampilkan di search engine – bagian <title>. Fitur ini digunakan untuk memisahkan antara judul artikel dengan nama situs pada kebiasaannya. Jika kamu mengubah pengaturan ini, maka separator di judul <title> situs akan berubah secara keseluruhan.

Content Types – Pengaturan ini memudahkan kamu untuk bisa mengatur tiga jenis konten yaitu Post dan Pages – Laman. Setting ini juga berlaku secara keseluruhan – bulk action . Disini kamu bisa mengatur apakah laman kamu ingin terindex di hasil pencarian mesin pencari atau tidak, memunculkan tanggal di hasil pencarian, mengaktifkan Yoast SEO Meta Box di laman individual, mengatur tampilan judul dan juga mengatur bagaimana deskripsi konten ditampilkan di search engine.

Media – Di bagian ini kamu bisa mengatur url dari media yang kamu upload ke konten kamu, seperti gambar dan video. Nah, fitur ini membantu kamu untuk me-redirect url dari gambar/video ke halaman yang dilampirkan atau attachment url.

Taxonomies – Pengaturan Taxonomies memudahkan kamu untuk mengatur halaman category, tags dan formats. Sama halnya seperti Content Types, disini kamu bisa mengatur bagaimana ketiga halaman itu ditampilkan di search engine. Untuk setting Yoast SEO terbaru sudah ada tambahan Category URLs yang mengatur apakah slug category ditampilkan atau tidak.

Archives – Sama seperti Taxonomies, pengaturan Archives membantu kamu untuk bisa mengatur bagaimana halaman Author, Date Archives dan Special Pages ditampilkan di halaman pencarian mesin pencari.

Breadcrumbs – Fitur breadcrumbs merupakan fitur unggulan dari Yoast SEO plugin. Fitur ini membantu untuk menampilkan urutan dan tingkat kedalaman direktori artikel kamu mulai dari homepage sampai dengan halaman artikel. Fitur ini merupakan bagian dari structured data markup yang membantu search engine untuk menampilkan letak artikel dalam sebuah blog. Breadcrumbs juga sering disebut sebagai secondary navigation yang membantu users untuk mapping direktori sebuah situs.

RSS – Di bagian ini kamu bisa mengatur semua hal yang berkaitan dengan RSS.

 

3. Search Console

Pengaturan Search Console adalah fitur yang bisa kamu gunakan untuk memonitor error dan warning dari situs kamu dengan bantuan Google Search Console. Fitur ini tentunya harus kamu hubungkan dengan akun Webmaster kamu yang telah terverifikasi dengan domain yang sedang kamu gunakan.

Fitur ini akan memudahkan kamu mengaudit dan memonitor halaman error dan warning di hasil pencarian dan hasil crawl Google. Tanpa harus masuk ke akun Webmaster, kamu sudah bisa mengetahui url halaman mana saja yang error dan perlu perbaikan.

 

3. Social

Untuk pengaturan Social, kamu bisa menambahkan informasi dari detail akun sosial media kamu atau akun official dari situs kamu.

Accounts – Isi seluruh detail dari url/link sosial media situs atau personal. Sosial media yang didukung adalah Facebook Page, Twitter, Pinterest, Youtube, Instagram, LinkedIn, MySpace dan Wikipedia.


Facebook – Dalam menu pengaturan ini, kamu bisa menambahkan detail dari pengaturan Open Graph Facebook yang berguna untuk mengatur bagaimana tampilan artikel ketika dibagikan ke Facebook.


Twitter – Sama halnya dengan pengaturan Facebook, di tab Twitter ini kamu bisa mengatur bagaimana tampilan artikel ketika dibagikan ke Twitter.


Pinterest – Berbeda dengan dua pengaturan sosial media diatas, tab ini berguna untuk memverifikasikan akun Pinterest kamu ketika dikaitkan dengan website.

4. Tools

Setting Tools memungkinkan webmaster untuk melakukan pengaturan teknikal website dengan mudah. Pengaturan yang bisa dilakukan dalam setting Yoast SEO ini adalah Import & Export, File Editor, Bulk Editor dan Text Link Counter. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Import and Export – Pengaturan Import & Export membantu untuk menduplikasi setting Yoast SEO yang ada dalam sebuah website dan diaplikasikan ke website yang lain tanpa harus melakukan pengaturan dari awal. Sangat membantu bagi mereka yang mempunyai website lebih dari satu.


File Editor – Dalam pengaturan File Editor, kamu bisa mengubah file robots.txt dan file .htaccess situs tanpa harus melalui FTP atau CPanel hosting.


Bulk Editor – Pengaturan Bulk Editor memudahkan kamu untuk melakukan pengubahan terhadap judul dan deskripsi suatu laman atau pos secara bersamaan tanpa harus mengedit satu per satu judul/deskripsi secara individual.


Text Link Counter – Text Link Counter sangat berguna untuk memperbaiki struktural website. Fitur ini bisa memberitahu bahwa satu laman atau pos sudah memiliki external/internal linking atau tidak.

Itulah cara setting Yoast Terbaru 2021 pada website WordPress, setelah Anda selesai melakukan pengaturan, selanjutnya adalah melakukan optimasi postingan / artikel dengan menggunakan plugin Yoast SEO. 

Tags: , , , , , , , , , ,

Trackback from your site.

RedCreatives

Spesialis Vendor Jasa Pembuatan & Maintenance Website Profesional Berbasis WordPress - sejak 2013. Visit our Instagram or read the Facebook Page.

Leave a comment