5 Tips Sukses Berbisnis Melalui Website Pribadi

Written by RedCreatives on . Posted in Blog

tips sukses berbisnis melalui website

 

Sebelum Anda membaca tips sukses berbisnis melalui website pribadi, ada baiknya Anda memahami artikel 5 Hal Penting yang Wajib diketahui ketika ingin membuat website, sebagai panduan dasar dalam memilih vendor yang tepat serta website yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Pada artikel kali ini RedCreatives akan mengulas 5 Tips Sukses Berbisnis Melalui Website Pribadi dimana diharapkan website yang akan dirancang mampu menjadi cerminan visi misi bisnis Anda.

 

  1. Pahami Tujuan Anda Membuat Website
    Sebagai pemilik website, anda tentu harus tahu untuk apa anda membuat website. Hal ini mungkin tampak sederhana, tetapi banyak website gagal karena tujuan mereka tidak tercermin dalam desain yang dibangun.Secara umum, sebagian besar pemilik bisnis menggunakan website untuk:
    1) membangun merek mereka,
    2) menjual produk,
    3) membangun basis pelanggan mereka,
    4) mengkomunikasikan informasi.

     

    Menetapkan poin untuk masing-masing tujuan sesuai dengan kepentingannya ini harus dilakukan. Ini membantu memprioritaskan tujuan agar website dapat dirancang sesuai kebutuhan. Memahami tujuan bisnis Anda adalah kunci untuk merancang website, situs yang sukses akan sangat efektif membantu Anda mencapai tujuan.

  2. Temukan Masalah yang Dihadapi Pasar
    Produk merupakan komponen vital dalam bisnis online. Dengan produk yang sesuai kebutuhan pasar, Anda masih punya potensi untuk memenangkan pasar. Apa yang terjadi jika Anda menyediakan produk/jasa yang tidak dibutuhkan pasar? Kemungkinan besar gagal!Menurut penelitian CBS Insight, 42 persen perusahaan rintisan bangkrut karena gagal mengidentifikasi kebutuhan pasar. Kenapa gagal? Karena produk yang mereka tawarkan tidak berhasil menyelesaikan masalah konsumen. Ingat, dengan membeli produk Anda, hal pertama yang ada di pikiran konsumen adalah masalah mereka terselesaikan.

     

    Jadi ketika memulai bisnis via online dengan menggunakan media website, jenis bisnis apa pun itu, yang pertama kali harus Anda pikirkan adalah apakah produk Anda dibutuhkan pasar?

  3. Memahami Seluk Belum Produk Anda Sendiri
    Sebagian besar pemilik usaha yang datang ke saya untuk membuat website tidak mengetahui betul seluk belum produk yang ingin mereka pasarkan via website. Company profile dan teknik marketing dengan mengandalkan brosur seadanya sering kali menjadi titik masalah sesungguhnya sehingga pada akhirnya produk mereka sulit menarik konsumen.

     

    Bayangkan jika kebetulan anda sedang mencari suatu produk via google lalu menemukan beberapa komparasi produk A yang menyajikan informasi seadanya dan produk B yang menyajikan informasi secara lebih mendetail (baik teks, gambar atau video) melalui website mereka, kira-kira produk manakah yang akan lebih Anda pertimbangkan?

    Simplenya, memahami produk bisnis Anda sendiri berarti mampu menginformasikan detail produk, alasan kenapa produk Anda layak dibeli dan dibutuhkan oleh pasar.

  4. Riset Pasar & Analisis Kompetitor
    Kenapa harus riset pasar terlebih dahulu? Karena Anda tidak bisa memulai bisnis online hanya berdasarkan asumsi pribadi Anda.

     

    Anda membutuhkan data yang objektif sebagai fondasi bisnis online yang kuat. Melalui riset pasar ini, Anda bisa mendapatkan data-data tersebut. Jadi Anda bisa mengambil keputusan yang didasari data-data objektif, bukan sekadar asumsi dan opini.

    Analisis kompetitor juga menjadi faktor penunjang kesuksesan bisnis anda via website. Anda bisa mengecek webiste kompetitor dengan kata kunci tertentu dan melihat tampilan, informasi yang disajikan, promo yang mereka tawarkan dan cara-cara bagaimana mereka menggiring pengunjung untuk menghubungi mereka.

    Ada pepatah yang mengatakan : “Keep your friends close and your enemies closer”

    Kiranya pepatah di atas cocok diaplikasikan ketika Anda memulai bisnis online. Untuk bisa mengalahkan kompetitor, Anda harus mempelajari mereka terlebih dahulu. Apa kelebihan mereka, bagaimana cara mereka mendekati konsumen, sampai apa kekurangan mereka.

    Dengan informasi-informasi tersebut, Anda bisa membuat produk yang bisa bersaing dengan kompetitor.

  5. Memilih Jasa Pembuatan Website yang Tepat
    Mencari produk yang lebih murah merupakan kodrat setiap konsumen. Akan tetapi untuk website jika Anda memilih vendor yang memberikan harga murah sebaiknya cek n ricek ulang, apakah penawaran yang mereka tawarkan sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan sampai tergiur harga murah tapi tidak sebanding dengan kualitas yang Anda butuhkan.

     

    Ketika Anda hendak memilih vendor untuk membuat website, ajukan 5 pertanyaan ini kepada diri anda sendiri:

    1. Apakah saya sudah memahami gambaran website yang akan dibangun untuk bisnis saya sendiri?
    2. Apakah mereka mampu membuat website sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang saya sediakan?
    3. Setelah website selesai dibangun, bagaimana cara saya/staf mengelola website tersebut?
    4. Jika sewaktu-waktu website mengalami masalah, apakah vendor siap memberikan support?
    5. Bagaimana cara memperpanjang sewa hosting & domain setiap tahun? apakah vendor bersedia membantu?

 

Bagi kami di RedCreatives, website yang kami rancang untuk klien harus menjadi investasi yang mendatangkan keuntungan. Oleh karena itu kami selalu mengharapkan kerjasama dari klien, baik dari segi komunikasi intens dimana biasanya kami akan menggali kebutuhan dan potensi bisnis mereka, penyediaan data yang nantinya akan disajikan di website serta penyesuaian rancangan desain sehingga pada nantinya klien tidak hanya memiliki website dengan desain yang good looking, tapi juga fungsional sesuai visi misi dari bisnis klien itu sendiri.

Demikian tips sukses berbisnis melalui website pribadi. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda yang berencana memiliki website untuk kebutuhan pemasaran produk/jasa secara global

 

 

 

Tags: , , , ,

Trackback from your site.

RedCreatives

Profesional Wordpress & Joomla Developer Agency since 2010. Visit our Twitter or read the Facebook Page.

Leave a comment