7 Hal yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Memutuskan Membuat Website

Written by de Santoz on . Posted in Blog, Marketing, Tips & Trik

membuat website, jasa pembuatan website bogor, jasa website jakartaKeberadaan sebuah website sebagai perwakilan brand identity secara online pada era teknologi saat ini sudah menjadi kebutuhan untuk mendukung kemajuan dan perkembangan bisnis Anda. Akan tetapi jika website Anda dibangun tanpa sebuah persiapan matang dan memiliki tujuan jelas kemungkinan besar akan menemui hal-hal yang sebenarnya tidak Anda inginkan. Mulai dari kesulitan dalam proses pengembangan dan bisa jadi tidak memberikan banyak keuntungan. Lalu apa saja yang harus Anda perhatikan sebelum memutuskan membuat website untuk kebutuhan Anda? Pada artikel ini, kami membahas  langkah sederhana yang bisa dilakukan, yakni sebagai berikut:

 

  1. Menentukan TUJUAN Pembuatan Website

    Kebiasaan buruk yang terjadi saat ingin membuat website tanpa mengetahui tujuan utamanya adalah memasukkan semua hal yang memungkinkan untuk dimasukkan. Sudah memiliki tujuannya? Jika belum apa tujuan membuat website? Apakah untuk mendapatkan pelanggan baru dari pasar online? Untuk memberikan pelayanan pelanggan melalui fitur online? Atau sebagai promosi marketing produk/ jasa baru perusahaan?

    Apapun tujuan membuat website, perlu menjabarkannya dengan terperinci. Tujuan website yang terperinci akan sangat berpengaruh terhadap desain website tersebut, konten apa yang perlu dimuat, dan juga fitur-fitur yang diperlukan.

    Tujuan yang tidak jelas pada akhirnya membuat banyak orang ingin memiliki website yang terlihat keren saja, dengan cara meniru website lain kemudian memasukkan semua hal yang dilihat ke website (termasuk fitur) yang akan dibuat.

    Hal tersebut cukup buruk karena seringkali pemilik website pada akhirnya kesulitan dalam pengembangan fitur dan pengelolaan konten yang sebenarnya belum tentu diperlukan. Selain membuang waktu, biaya pembuatan yang tentunya lebih besar, akses website yang lebih lambat, pada akhirnya website Anda menjadi tidak fungsional.

  2. Menentukan Target Pengunjung

    Jika Anda memiliki tujuan membuat website untuk menambah pelanggan dari pasar online, maka perlu mengetahui seperti apakah karakteristik target pelanggan Anda di dunia online.

    Setelah mengetahui seperti apa pelanggan Anda, maka Anda akan dapat mengetahui bagaimana kebiasaan pelanggan Anda berinteraksi dengan dunia online.

    Apakah banyak dari pelanggan Anda menggunakan sosial media seperti Facebook atau Twitter? Atau Instagram? Atau lebih ke LinkedIn jika target pelanggan Anda adalah para profesional. Hal ini akan sangat mempengarui strategi marketing Anda setelah website tersebut berjalan.

    Konten yang akan dimuat dalam website juga akan sangat berpengaruh. Pastinya gambar-gambar dan tulisan-tulisan yang akan Anda sajikan harus sesuai dengan pengunjung website Anda nantinya.

  3. Menentukan Pilihan Konten

    Sebuah website, pastinya harus menyediakan konten yang dapat mengubah pengunjung menjadi pembeli dan pembeli menjadi pelanggan atau membuat pengunjung melakukan hal apapun yang kita inginkan untuk mencapai tujuan dari pembuatan website.

    Jika membuat website dengan tujuan untuk menjual produk atau jasa, Anda bisa memberikan berbagai tips yang dapat membuat kehidupan calon pelanggan menjadi lebih baik, terutama setelah menggunakan produk atau jasa Anda. Anda juga bisa memberikan berbagai tips yang tidak berkaitan dengan produk, namun masih berhubungan dengan kehidupan target pelanggan Anda.

    Apapun jenis konten pada website Anda, sebaiknya berbagai konten tersebut adalah sesuatu yang dicari oleh orang-orang (SEO Article).

  4. Mendefinisikan Hal yang Perlu Dilakukan oleh Pengunjung

    Apa yang Anda inginkan untuk pengunjung website lakukan di website Anda? Membeli produk? Mendaftar akun? Membagikan konten ke sosial media? Apapun yang Anda inginkan, pastinya hal tersebut sangat berkaitan dengan tujuan dibuatnya website Anda nantinya.

    Jika memiliki tujuan membuat website supaya pengunjung membeli produk Anda, yang pastinya Anda harus menciptakan suatu alur yang diakhiri dengan Call To Action untuk membeli produk Anda.

    Jangan sampai pengunjung website hanya melihat konten website tanpa melakukan sesuatu. Jangan sampai kebanyakan dari mereka hanya “Oh.” saja dan mereka pergi meninggalkan website Anda tanpa melakukan apapun.

    Anda dapat membuat website yang memiliki lebih dari satu hal yang dapat dilakukan pengunjung. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya di no 2, Anda dapat mengurutkan mana hal yang paling penting sampai yang tidak terlalu penting. Hal ini akan mempengaruhi konten, desain, dan fitur-fitur di website Anda nantinya.

     



    “Getting a quality website is not an expenses but rather an investment.”

  5. Strategi Marketing yang Digunakan

    Website yang sudah berjalan tidak dapat dengan sendirinya mendatangkan pengunjung. Banyak hal yang harus dilakukan untuk mendatangkan pengunjung ke website.

    Banyak sekali strategi online marketing yang dapat Anda atau staf khusus Anda lakukan untuk membuat orang senang mengunjungi website Anda.

    Secara singkat, Anda memiliki dua hal yang harus dilakukan.

    Pertama adalah membuat konten yang dicari oleh orang. Namun, hal ini memerlukan konsistensi rutinitas dan waktu agar peringkat website perlahan-lahan naik di mesin pencari seperti Google & Yahoo sehingga bisa bersaing dengan kompetitor yang sudah lebih dahulu memiliki website.

    Kedua dapat membuat website Anda lebih cepat dikunjungi orang, yaitu melalui online advertising. Anda dapat memasang iklan di Google Adwords maupun media sosial. Tapi cara ini membutuhkan biaya yang lebih besar dan sifatna temporer.

    Anda juga dapat menggunakan sosial media secara gratis sebagai strategi marketing yang dapat Anda gunakan. Bagikan (share) konten-konten berkualitas dari website Anda ke sosial media tersebut. Gunakan #hastag agar konten Anda mudah dicari.

  6. Persiapkan Staf Pengelola Website

    Hal yang sering juga diabaikan oleh mereka yang ingin memiliki website adalah menyiapkan staf khusus/ team yang pada nantinya akan mengelola dan memaintain website secara rutin.

    RedCreatives sering melihat dan selalu mengingatkan kepada setiap klien, apakah setelah website dibuat akan ada orang yang mengelolanya? jika tujuan pembuatan website memang hanya sebagai perwakilan brand bisnis klien secara online, kami selalu menyarankan dalam jangka waktu 3 atau 6 bulan ada perubahan konten/ pembaharuan agar informasi yang ada pada website tersebut selalu up to date.

    Selain itu jangan sampai website Anda hanya berumur 1 tahun, dan tidak diperpanjang.. karena hal tersebut tentunya membuat investasi Anda menjadi sia-sia. Apabila Anda tidak memiliki waktu dan staf khusus dalam mengelola website, RedCreatives siap membantu Anda melalui Jasa Maintenance Website dengan nilai investasi yang terjangkau.

    Sementara jika Anda memang ingin membesarkan bisnis Anda melalui website, maka Anda memerlukan tim yang memiliki target untuk tujuan masa depan. Tidak hanya dibuat, namun website juga perlu dirawat. Anda juga perlu memikirkan mengenai hal apa saja yang akan Anda lakukan untuk memelihara website tersebut. Website yang tidak dipelihara kemungkinan besar tidak memiliki hasil yang maksimal untuk bisnis Anda.

    Mengenai hal ini, Anda bisa berkonsultasi secara gratis dengan kami melalui line telp dan email.
  7. Menentukan Budget Pembuatan Website

    Pada umumnya industri kreatif yang menyediakan layanan jasa pembuatan website menawarkan berbagai macam pilihan paket website yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang bisa disiapkan. Apabila terdapat kebutuhan berbeda di luar paket, pada umumnya mereka akan meminta Anda untuk menjelaskan dan memberikan gambaran secara detail mengenai kebutuhan website yang Anda inginkan agar mereka bisa memperkirakan berapa nilai investasi yang harus Anda keluarkan dan lama waktu pembuatan.

    Membuat website dengan 10 fitur pasti akan lebih mahal daripada website dengan 4 fitur karena butuh developer lebih banyak. Pemilihan hosting yang tepat dan dapat menampung pengunjung yang lebih besar juga menjadi dasar pertimbangan.

    Anda memiliki kebebasan dalam memilih developer yang benar-benar care terhadap rencana dan tujuan masa depan bisnis Anda melalui website yang akan dibuat. Konsultasikan secara detail mulai dari pre-sales sampai dengan after sales supportnya.. dan tanyakan nilai investasi yang harus Anda anggarkan untuk perpanjangan hosting dan domain pada tahun berikutnya.


Demikian 7 hal yang harus Anda perhatikan & pertimbangkan ketika berencana membuat website untuk kebutuhan Anda. Jadikan investasi yang akan Anda keluarkan bisa meningkat nilai-nya seiring perkembangan bisnis Anda.

Tags: , , , , , , , ,

Trackback from your site.

de Santoz

Profesional Wordpress & Joomla Developer Agency since 2010. Visit our Twitter or read the Facebook Page.

Leave a comment